4 Juli 2022

Disperin NTB dan Bank NTB Syariah Kolaborasi Wujudkan Kopi NTB Berkualitas

Dinas Perindustrian Provinsi NTB dan Bank NTB berkolaborasi untuk mewujudkan Kopi NTB yang berkualitas.  Hal inilah yang menjadi salah satu inti dalam diskusi Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME bersama Muhammad Usman, Kepala Bagian Pembiayaan Bank NTB Syariah, dan Kwadro, perwakilan IKM Kopi, bertempat di Hotel Lombok Plaza, Kamis, 03/02/2022.

Bunda Kadis Yanti saat diskusi bersama Tim dari Bank NTB Syariah

“Harapannya ke depan, kopi kita bisa berbentuk sachet dan bisa masuk ke dalam pasar hotel-hotel dan homestay. Apalagi di momen MotoGP, kebutuhan hotel dan homestay sangat tinggi. Tentu itu peluang besar terserapnya pasar kopi NTB, ” ungkap Nuryanti.

Berkaitan dengan kualitas, kopi-kopi yang akan digunakan adalah kopi dengan kualitas  tinggi yang disertai dengan edukasi pemilihan biji kopi berkualitas di sektor hulu.

Persoalan brand juga menjadi salah satu isu yang dibahas. Bahwa NTB belum memiliki brand kuat terkait kopi.
“Kita punya banyak merek kopi, tetapi tidak ada brand yang kuat. Oleh karenanya kita berencana bangun perusahaan (holding) untuk menyatukan kopi-kopi NTB dengan satu brand utama, Kopi Lombok atau Kopi Tambora, misalnya, ” tambah Muhammad Usman.

“Tentu perusahaan tersebut harus melibatkan pelaku-pelaku IKM kopi yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota di NTB. Saya bersama teman-teman IKM kopi yang lain siap mendukung dan terlibat, ” ujar Kwadro yang memiliki kopi dengan brand Wangi-Wangi Kopi.

Perusahaan/holding ini direncanakan di bangun di kawasan Banyumulek, Lombok Barat, sebagai kawasan sains dan teknologi serta kawasan inovasi.

Selain brand, kemasan juga menjadi salah satu hal penting. Apakah sachet, kemasan kiloan, kemasan toples, atau kemasan seperti apa yang dibutuhkan berdasarkan hasil riset nantinya.

“Terkait kemasan, kami siap dukung.  Saat ini Balai Kemasan NTB sudah bisa memproduksi kemasan dalam bentuk sachet. Jadi, bisa digunakan untuk kemasan sachet ke depannya, ” tambah wanita yang biasa di sapa Yanti ini.

Industrialisasi kopi terus berbenah. Mewujudkan kopi NTB yang berkualitas. Membangun aksi, sinergi, dan kolaborasi mewujudkan NTB Gemilang (Azkia)