4 Juli 2022

BPIPI dan Disperin NTB Kembangkan Industri Persepatuan dengan Identitas Lokal

Sepatu. Siapa yang tidak mengenal jenis alas kaki yang satu ini m Begitu urgennya alas kaki ini, sampai seorang tokoh nasional sekelas Jusuf Kalla pun sempat menjadi trending topic dengan koleksi sepatu “JK Collection” nya.

Di tingkat nasional sendiri, sepatu mendapatkan porsi perhatian serius dari Pemerintah RI melalui Kementrian Perindustrian RI. Saking seriusnya mengurus industri sepatu, Kemenperin RI membangun unit pelaksana teknis yang khsus mengurusi sepatu. Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI).

Keseriusan mengurusi industri sepatu sebagai salah satu industri nasional tersebut menjadikan kunjungan BPIPI ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB Ini menjadi sangat istimewa. Diterima langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Prov NTB, Nuryanti, SE., ME, Rabu, 02 Februari 2022 bersama jajaran struktural Disperin NTB.

Bunda Kadis Yanti bersama Edy Suhendra ,S. Kom

Kedatangan tim BPIPI kali ini bertujuan ingin mengembangkan industri persepatuan di NTB dengan mengedepankan pada identitas lokal. Mengkolaborasikan antara kain tenun lokal NTB dengan sepatu karya IKM NTB menjadi salah satu point diskusi yang dibahas.

Bunda Kadis Yanti bersama Tim BPIPI saat diskusi

Inisiasi mengembangkan sepatu dengan ciri khas lokal NTB tersebut pada dasarnya telah mulai diinisiasi oleh kawan2  IKM NTB. Maliki, owner Sasak Sentosa Tenun sudah memulai mengkombinasikan kain tenun sebagai bahan sepatu. Kombinasi produksi yang menghasilkan alas kaki yang tidak hanya elegan namun estetis secara fungsi.

Membahas sepatu dan kearifan lokal NTB ternyata menarik juga ya. Asumsi bahwa sepatu yang selama ini menjadi alas kaki semata ternyata mulai bergeser menjadi sebuah barang yang selain memiliki fungsi alas kaki juga bisa didesain secara estetis, berbasis pada kearifan lokal NTB. Keren memang.

Jika ada yang punya ide untuk mengembangkan model sepatu berbasis kearifan lokal NTB, kami tunggu idenya via media sosial resmi Disperin NTB ini ya. Sebuah ide yang kelihatannya sederhana, jika ditangan orang yang kreatif, pasti nya akan memiliki nilai estetika yang luar biasa. Mari, sobat, kami tunggu ide Anda semua ya. Untuk mendorong industri persepatuan di NTB, menuju NTB Gemilang.

Bunda Kadis Yanti foto bersama dengan Tim BPIPI

#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas