4 Juli 2022

Dukung Zero Net Emission NTB 2050, Disperin NTB Hadiri Penyusunan Road Map Renewable Energy NTB 2050

Zero Net emission (ZEN) merupakan salah satu isu strategis dunia yang menjadi perhatian banyak pihak dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Perubahan iklim secara global yang berdampak pada kerusakan lingkungan dalam jangka panjang harus diantisipasi dengan melakukan berbagai rancangan program fan kegiatan yang mendukung terbentuknya mekanisme net emission di Indonesia.

Dalam skala nasional, Pemerintah RI berkomitmen untuk mencapai ZEN pada tahun 2060. Sementara Pemprov NTB berkomitmen untuk menuju ZEN pada tahun 2050. Komitmen ini dirangkum secara komprehensif dalam penyusunan Road Map Emergi Terbarukan Menuju ZEN NTB Tahun 2050. Diskusi kebijakan publik mengenai Road Map ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME dan Pejabat Fungsional Assesor Industri, Aris Priyadi, S.Adm, bertempat di Ruang Rapat Utama Setda Prov NTB, Kamis, 03 Februari 2022. Diskusi publik ini diihadiri oleh Kepala Dinas ESDM, Bappeda Kabupaten/ Kora se-NTB, akademisi, komunitas penggiat lingkungan dan beberapa elemen masyarakat lainnya. Masukan dari berbagai sektor tentunya akan menambah kaya dokumen road map ZEN NTB Tahun 2050.

Dalam konteks industri, dukungan Disperin NTB dan stakeholder dalam mendukung ZEN NTB Tahun 2050 jelas tergambar. Baik dalam bentuk kebijakan maupun implementasi program yang dilaksanakan. Memasukkan unsur pengembangan industri energi berbarukan dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Provinsi NTB Tahun 2021 – 2041 merupakan salah satu bentuk dukungan kebijakan terkait hal tersebut. Program pengembangan industri kendaraan listrik sebagai salah satu program unggulan Disperin dalam Renstra Disperin NTB Tahun 2019 – 2023 pun menjadi salah satu kebijakan yang diambil. Terus mengembangkan skema industri yang ramah lingkungan melalui stimulus peralatan dan permesinan merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh Disperin NTB dalam mendukung ZEN NTB 2050.

Kedepannya, sebagai salah satu isu dunia, keterlibatan sektor industri dalam mendukung ZEN jelas krusial. Pengembangan moda transportasi berbasis energi terbarukan dan mekanisme olahan sumber daya dengan tingkat efisiensi yang tinggi menjadi tantangan ke depan khsusunya di sektor industri kecil dan menengah di NTB. Tantangan ke arah tersebut jelas ada, namun menjadi pekerjaan bersama untuk menyelesaikannya. Menuju NTB Gemilang.