4 Juli 2022

Kadisperin NTB Beri Penghargaan Kabupaten/Kota Dengan Share PDRB Industri Tertinggi

Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat, Nuryanti akan memberi penghargaan kepada kabupaten/kota di NTB, yang berhasil meraih share produk domestik regional bruto (PDRB) industri tertinggi.

Hal itu disampaikan pada Pembukaan Rapat Koordinasi dalam rangka penyelarasan program Dana Alokasi Khusus (DAK) Urusan Dinas Perindustrian NTB yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Dinas Perindustrian Kabupaten/Kota se NTB, Rabu (2/2/2022) di Hotel Lombok Plaza Mataram.

“Insya Allah yang paling tinggi share terhadap sektor Industri akan diberikan reward nanti di akhir tahun, agar Kabupaten/kota bersemangat dalam menggesa kegiatan dan pendampingan di masing-masing daerah.” ungkap Nuryanti.

Perwakilan dari Badan Pusat Statistik Provinsi NTB, Ir. Gusti Lanang Putra yang menjadi narasumber pada acara tersebut juga menyampaikan kategori industri pengolahan termasuk 10 besar penyumbang PDRB, yaitu pada urutan ke-7 dengan
share 5,03 persen. Perlu usaha yang lebih optimal untuk mendorong kategori tersebut menjadi tiga besar dalam PDRB.

Industri makanan dan minuman merupakan sub kategori industri yang memiliki share terbesar
(mencapai 53,39 persen).
Industri pengolahan termasuk sektor kunci dalam perekonomian NTB berdasarkan tabel input-output NTB tahun 2016.

Sementara itu berkaitan dengan DAK, Nuryanti menekankan agar DAK tahun ini berjalan dengan maksimal, ditambah pada tahun 2023 Kabupaten/Kota bisa mengoptimalkan atau mengusulkan program yang baru nantinya, terutama untuk Kabupaten Sumbawa.

“Tahun 2023 bisa dioptimalkan atau diusulkan, untuk Kabupaten Sumbawa. Terkait MotoGP yang tidak hanya Lombok saja, Sumbawa juga bersiap,” tuturnya. (Izzah)