4 Juli 2022

UNIDO PBB Dukung Pengembangan IKM di NTB

UNIDO atau singkatan dari United Nations Industrial Organization, merupakan organisasi di bawah PBB, yang fokus pada sektor industri, saat ini akan mengembangkan beberapa program terkait pengembangan UMKM di NTB dengan berfokus pada tiga sektor yaitu 1) agriculture/produk-produk hasil pertanian, 2) Craft/produk-produk kerajinan, 3) marine/produk-produk hasil laut.

Hal inilah yang disampaikan Essam El Qararah, perwakilan UNIDO dalam pertemuan dengan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah pada Jum’at, 28/01/2022 di Pendopo Gubernur.

“Kami tertarik untuk membangun sentra industri di NTB, karena NTB punya potensi yang besar, terutama terkait dengan pengembangan UMKM yang telah memiliki legalitas. Selain itu, kami akan mengembangkan program yang berfokus pada 3 sektor: pertanian, kerajinan, dan hasil laut, jelas Esam.

Gubernur NTB menyambut baik program dan konsep yang ditawarkan oleh perwakilan UNIDO tersebut.

“Kami sangat senang dengan rencana kerjasama yang ditawarkan UNIDO dalam rangka membantu mensukseskan program industrialisasi di NTB,” ungkap Gubernur Zul.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas perhatian yang sangat besar dari UNIDO terhadap sentra industri yang ada di NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTab juga memamerkan beberapa produk hasil produksi NTB, di antaranya Entram (alat untuk test swab), sepeda listrik, produk kosmetik, serta sate rembige & ayam rarang dalam kemasan.

” Wah produk-produk NTB keren sekali ya. Dari kosmetik, kuliner lokal, dan sepeda listrik bisa diproduksi. Keren! ” Ungkap salah satu perwakilan UNIDO ketika melihat produk lokal yang dihasilkan IKM NTB.