6 Desember 2022

Mengenal Tenun Sundawa, Motif Tenun Pringgasela yang Dibeli Pak Jokowi

Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia, Ir. H.Joko Widodo dan Ibu Iriana berkunjung ke NTB untuk melihat dan memantau progres persiapan sirkuit dan Kawasan Mandalika menjelang ajang MotoGP Maret mendatang.

Di sela-sela kunjungannya, beliau menyempatkan untuk mampir ke stand IKM dan membeli langsung sepatu tenun buatan IKM. Sepatu tersebut merupakan buatan langsung dari Haji Maliki, Owner IKM Sentosa Sasak Tenun. Tenun tersebut merupakan tenun yang berasal dari Pringgasela. Dan motif tenun
tersebut bernama Sundawa.

Sundawa pada dasarnya adalah nama sungai di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur.

Bagi masyarakat Pringgasela, Sundawa bukan hanya sekedar sungai, tapi ia adalah sumber kehidupan. Menjadi salah satu sumber irigasi bagi masyarakat sekitar. Menjadi oase kehidupan pertanian di sana.

Tidak hanya soal geografis, Sundawa juga berbicara soal budaya. Sundawa adalah penanda budaya dan kehidupan sosial masyarakat Pringgasela.

Motif Tenun Sundawa

Dulu, Sundawa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk kegiatan adat seperti acara pernikahan atau gawe desa, acara besembet
(7 bulanan), mandi penganten, dan acara adat lainnya.

Selain itu, sungai ini juga dipercaya sebagai tempat untuk mendapatkan jodoh. Jadi, kalau mau mendapatkan jodoh, bisa datang ke sungai tersebut lho.

Oleh karena nilai yang terkandung di dalamnya, nama sungai ini, Sundawa, akhirnya menjadi nama motif dari kain tenun yang diproduksi oleh masyarakat Pringgasela.