6 Desember 2022

Urus Perijinan, IKM Olahan Durian Siap Difasilitasi Disperin NTB

Pejabat Fungsional Penyuluh Perindustrian, Dra. Hafsah menerima kunjungan sekaligus konsultasi dari IKM Pancake Durian dan Olahan Buah Durian Sharie Radja pada hari Kamis 20 Januari 2022.

Tujuan Ibu Sharie selaku pemilik IKM Sharie Radja adalah mendaftarkan IKM miliknya ke aplikasi Sistem Manajemen Inovasi Industri (SIMANIS) sekaligus mengajukan permohonan perpanjangan sertifikat jaminan halal, namun belum memiliki NIB dan Izin Usaha Beresiko.

Menindaklanjuti hal tersebut, Ibu Dra. Hafsah memberikan saran untuk memperbaharui izin NIB menjadi NIB Beresiko ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT UMKM) dengan membawa fotocopy KTP dan Email.

Produk IKM Sharie Radja

Setelah mendapatkan NIB Beresiko, akan difasilitasi Perpanjangan Sertifikat Jaminan Halal dengan syarat membawa fotocopy izin usaha berbasis resiko, NIB, beserta sertifikat halal yang sudah tidak berlaku ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Selain itu, Disperin NTB juga memfasilitasi pengurusan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) berupa Merek. Dan IKM Sharia Radja siap difasilitasi. Bagi sobat Industri sekalian yang ingin mengurus ijin Merek, bisa mendaftar di Disperin NTB ya.

Perijinan sebagai salah satu syarat mutlak dalam berusaha memang harus menjadi prioritas. Harus terus disosialisasikan dan terus digesa. Sebab perizinan adalah salah satu bentuk perlindungan negara terhadap pelaku industri. Baik IKM dan pemerintah harus terus bersinergi. Mewujudkan NTB yang mandiri dan sejahtera. Menuju NTB Gemilang.