21 Mei 2022

“Membawa Sepeda Listrik Go Nasional, Disperin Fasilitasi Kerjasama Dengan Swasta”

Sepeda listrik secara perlahan menjadi ikon NTB. Inovasi energi terbarukan tersebut secara bertahap mulai menjadi salah satu industri yang menarik minat banyak pihak untuk ikut urun rembug dalam pengembangannya.

Membangun mekanisme produksi massal untuk sepeda listrik NTB menjadi salah satu misi besar yang saat ini diinisiasi oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Kementerian Perindustrian NTB. Diskusi via zoom digelar, dihadiri oleh Kepala Disperin NTB, Nuryanti, SE., ME, Senin, 17 Januari 2022. Diskusi online ini dihadiri juga oleh Kemenperin RI, Dinas Perhubungan NTB, dan pihak swasta sebagai calon mitra kerjasama pengembangan sepeda listrik di NTB

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti SE., ME saat melaksanakan Diskusi Online

Dalam diskusi tersebut, dibahas mengenai peluang kerjasama antar stakeholders dalam koridor pengembangan sepeda listrik di NTB. Identifikasi terkait hal2 yang menjadi kekuatan dan kelemahan sepeda listrik di NTB khususnya untuk mass production menjadi titik sentral pembahasan.

Jika skema produksi massal melalui mekanisme kerjasama dengan swasta ini bisa berjalan dengan baik, maka harapan untuk menjadikan sepeda listrik buatan NTB go nasional tentunya akan lebih terbuka. Peluang ini tentu harus disambut dan dijajaki dengan baik sampai ke tahap implementatif. Tugas negara menjadi fasilitator harus dijalankan dengan komprehensif untuk mengembangkan industri sepeda listrik NTB. Harapannya, dengan mengembangkan sepeda listrik NTB, akan memberikan multiflier effect kepada IKM2 NTB lainnya. Harapan tersebut merupakan visi industrialisasi NTB, menuju NTB Gemilang.