7 Juli 2022

Roadshow Industrialisasi: Bima Akan Kembangkan Palumara dan Purupela

Sebagai daerah yang letak geografisnya dekat dengan dan pantai dan dikelilingi oleh laut, Bima dijuluki Kota Tepian Air. Oleh karenanya, kuliner khas Bima sebagian besar bersumber dari laut, di antaranya palumara dan purupela. Palumara merupakan ikan yang dimasak kuah dengan bumbu kuning dan rasanya sedikit asam, sementara purupela adalah ikan bakar yang dibelah dua dan diberi bumbu khas. Oleh karenanya, Bupati Kabupaten Bima, Hj. Indah Damayanti Putri SE ketika dikunjungi oleh Bunda Kadis Yanti, Kepala UPTD Balai Kemasan NTB, Aryanti Dwiyani, M. Pd dan tim mengatakan akan mengembangkan palumara dan purupela sebagai kuliner khas Bima. Beliau berharap kedua makanan tersebut dapat dikemas dengan baik agar dapat bertahan lama dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Bima.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Ekonomi Kabupaten Bima, Kepala Disperindag Kabupaten Bima, dan Kepala Dinas Pertanian Kab. BimaBunda Kadis Yanti menjelaskan bahwa dalam branding kemasan steril produk olahan khas daerah ini dibutuhkn IKM yang serius yang mau mengembangkan produknya sehingga nantinya akan dibimbing dan dibantu terkait pengemasannya. Selain itu, Kabupaten Bima juga merupakan salah satu penghasil bawang merah di NTB, sehingga pengolahan bawang menjadi produk olahan seperti pasta terbuka lebar. Setelah kunjungan ke Bupati Kabupaten Bima, Bunda Kadis Yanti juga mengunjungi rumah kemasan di Kabupaten Bima bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Hj. Rostiati.

Diharapkan ke depannya, Rumah Kemasan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Bima sebagai tempat produksi produk olahan steril khas Kabupaten Bima.Semoga ikhtiar mengembangkan kuliner lokal ini, bisa menjadi katalisator untuk pengembangan ekonomi NTB, juga untuk menyongsong peluang MOTOGP dan peluang-peluang lainnya yang sudah di depan mata. Menuju NTB Gemilang.

#Industrialisasi#CintaidanBeliProdukNTB#PertumbuhanIndustri#IKMnaikKelas#NTBMandiridanSejahtera#NTBGemilang#DariNTBuntukIndonesia#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas