21 Mei 2022

Roadshow Industrialisasi: Dompu Akan Kembangkan Olahan Seafood Dalam Kemasan

For me cooking is an expression of the land where you are and the culture of that place ~ Wolfgang Puck

Seperti kutipan di atas, bahwasanya makanan adalah cerminan masyarakat dan budaya sebuah daerah, maka sangat penting kiranya untuk memperkenalkan dan membranding kuliner sebuah daerah. Hal itulah yang dilakukan Bunda Kadis Yanti dengan konsep kuliner yang tahan lama. Melalui Balai Kemasan NTB, Disperin NTB sudah memfasilitasi kuliner lokal Lombok seperti Ayam Taliwang, Ayam Rarang, Sate Pusut, Sate Rembige, Sate Tanjung, dan Sate Bulayak. Dan sekarang sedang melakukan roadshow untuk mendapatkan aspirasi kuliner Pulau Sumbawa.

Setelah di Kabupaten Sumbawa, Bunda Kadis Yanti bersama Kepala Balai Kemasan NTB, Aryanti Dwiyani, M. Pd dan tim langsung mengunjungi Dompu pada Kamis, 23 Desember 2021 kemarin. Dan langsung disambut oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, MT. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani. Asisten II Hj. Sri Suzana, M.Si , Kepala Bappeda , Kepala Dinas Koperasi, dan Kabid Industri Disperindag Kabupaten Dompu. Dompu sebagai daerah yang akan sumber daya kelautan memiliki ikan dan seafood yang luar biasa. Bahkan salah satu jenis ikan tuna terbaik ada di Dompu.

Oleh karenanya, Dompu berencana mengembangkan olahan ikan dan seafood dalam kemasan kaleng. Apalagi saat ini Dompu sedang mengembangkan pabrik pengalengan ikan. “Peluang MOTOGP ke depan harus kita ambil. Salah satunya dengan menyediakan produk olahan pangan lokal yang tahan lama, sehingga bisa menjadi oleh-oleh bagi ribuan pengunjung nasional dan internasional ke depannya ” ungkap Nuryanti penuh semangat.

#Industrialisasi#DinasPerindustrianNTB#NTBGemilang#NTBMandiridanSejahtera#DariNTBuntukIndonesia