21 Mei 2022

Kementrian Kemaritiman dan Investasi RI Dukung Mutiara Lombok Memiliki Indikasi Geografis

Indikasi Geografis (IG) merupakan instrumen yang memberikan keunikan pada suatu produk sehingga jika sudah ada IG maka mutiara lombok ke depannya akan memiliki kekhasan sendiri dan punya nilai jual di pasar Internasional. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pengrajin mutiara dan mendukung kemajuan pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

Mutiara Lombok diajukan untuk memiliki Indikasi Geografis sejak 2019 yang diinisiasi oleh Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG). Berkaitan dengan hal tersebut, Kamis, 9 Desember 2021, Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri Lalu Lutfi, ST., M.Si dan Kepala Seksi Pengembangan Teknologi, Industri, Kreatifitas dan Inovasi, Yana Mulyana, ST. menerima kunjungan dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi RI untuk membahas progres pengusulan Indikasi Geografis Mataram Lombok.

Setelah berkunjung ke Kantor Dinas Perindustrian NTB, selanjutnya, tim langsung berkunjung ke sekretariat MPIG Mutiara Lombok yang berlokasi di Jl. St Kaharudin No. 40 Pagesangan Barat, Mataram.Tim dari Kementerian mendukung penuh Mutiara Lombok memiliki IG. Hal ini karena mutiara Lombok memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Dan hal tersebut harus didukung juga dengan perlindungan kekayaan intelektual agar tidak terjadi praktek persaingan yang curang dan merugikan produsen maupun konsumen.

https://www.facebook.com/disperinntb