19 Januari 2022

IKM Bidadariku Memadukan Konsep Alam dalam Kerajinan Tenun.

IKM Bidadariku Memadukan Konsep Alam dalam Kerajinan Tenun.

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si dan Kepala Seksi Pengembangan Teknologi, Industri, Kreatifitas dan Inovasi Yana Mulyana, ST melakukan kunjungan ke Ke IKM Bidadariku, IKM Benang Pewarna Alam dan Tenun yang berlokasi di Bunut Baok, Praya Lombok Tengah.

Kunjungan ini bertujuan melihat langsung proses produksi benang yang memadukan konsep alam yang kemudian akan diproses menjadi Tenun kunjungan ini sekaligus dalam rangka persiapan rencana kunjungan Ketua Dekranasda NTB ke IKM Bidadariku.

IKM Bidadariku adalah IKM yang memproduksi benang dari pewarna alam hingga menjadi pakaian. Ia memproduksi benang dari serat alami buah-buahan yang terdapat di alam, mulai dari daun, kulit pohon, dan bunga.

Memberdayakan masyarakat adalah salah satu konsep yang dikembangkan. Saat ini, ia memiliki belasan mitra yang terlibat, baik untuk bahan baku maupun proses pembuatannya.

Beberapa produk yang sudah dihasilkan berupa kain tenun, baju, celana, rok, sajadah, mukenah, dll yang sudah tersebar ke beberapa daerah, di antaranya Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan Jakarta.

Tenun, dengan segala keindahan motif-motifnya, kekhasannya, nilai budayanya menjadi semakin bernilai dengan penggunaan pewarna alam. Konsep ekonomi, budaya, dan lingkungan bersatu dalam produk-produk yang dihasilkan IKM Bidadariku.

Tentunya ini menjadi aset daerah yang harus kita dukung dan tumbuh kembangkan. Terus dibina dan didampingi, agar bisa direplikasi oleh banyak pihak, sehingga perekonomian di NTB semakin meningkat untuk Menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/disperinntb/photos/a.129059241967267/428349422038246/