7 Desember 2021

Bimtek Akbar Seri 3 “Self Assesment Sertifikasi Industri Hijau”

Mewakili Kadisperin Provinsi NTB, Kepala Bidang Sarana, Prasarana & Pemberdayaan Industri (Lalu Siswadi Handayani, SE., M.Pd) mengikuti kegiatan Bimtek Akbar Seri 3 “Self Assesment Sertifikasi Industri Hijau” yang diadakan oleh Kemntrian Perindustrian. (10/19/2021)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong optimalisasi daya saing seluruh sektor manufaktur di Indonesia melalui penerapan proses produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan prinsip industri hijau yang bertujuan meningkatkan efisiensi sistem produksi dan mendukung implementasi ekonomi sirkular dan praktik terbaik, baik dalam manajemen perusahaan maupun pemilihan teknologi.

Dalam pembukaan Bimtek Akbar BSKJI Seri 3 tersebut, Kepala BSKJI Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan, Kemenperin terus mendorong industri manufaktur nasional untuk menerapkan industri hijau melalui beragam program strategis, salah satunya dengan penyusunan dan penetapan Standar Industri Hijau (SIH) sebagai pedoman bagi perusahaan industri untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksinya.

Ke depan, SDM industri yang telah memahami sertifikasi industri hijau dapat membantu perusahaan industri dalam penyiapan data-data penggunaan bahan baku, energi, air, emisi GRK, pengelolaan limbah dan lain-lain sehingga perusahaan dapat melakukan proses self-assessmen.

Hal tersebut diharapkan akan dapat membantu mempercepat terwujudnya ekonomi hijau berbasis industri hijau nasional.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#ikmkerjakerasikmnaikkelas