25 Oktober 2021

Sinergi Bangun Desa Industri

Desa Industri adalah salah satu ikhtiar untuk mengoptimalkan potensi-potensi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat yang sangat kaya, dengan berbasis desa. Tujuannya adalah untuk menselaraskan antara potensi di hulu dan hilir. Mendorong tumbuh dan berkembangnya pusat-pusat agrobisnis dan agroindustri. Mendorong peningkatan produktivitas, produksi, daya saing produk dan nilai tambah produk daerah agar dapat bersaing di pasar global. Pemberdayaan terhadap Industri Kecil Menengah serta peningkatan kemampuan IKM dan penciptaan iklim usaha.

Menselaraskan semuanya tentu butuh dukungan banyak pihak. Dinas Perindustrian Provinsi NTB sebagai pengawal industrialisasi tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait.Oleh karenanya, Selasa, 21 September 2021, Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengundang seluruh OPD terkait untuk sharing dan berdiskusi terkait pengembangan Desa Industri di NTB. Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian & Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa.Berbagai masukan dan saran yang disampaikan teman-teman OPD menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan. Menjadi atensi untuk pengembangan desa industri ke depannya.”

Kita membangun desa industri ini agar potensi-potensi perekonomian di desa semakin berkembang. Kita kembangkan komoditi-komoditi yang ada di hulu, melalui teknologi permesinan agar komoditas yang ada memiliki nilai tambah. ” Ungkap Bunda Kadis Yanti. Semoga sinergi ini terus berlanjut. Bersama mengembangkan desa industri menuju NTB Gemilang.