17 Agustus 2022

Industrialisasi Elemen Kunci Bangkitnya Ekonomi NTB, Kepiawaian Zul-Rohmi Membaca Momentum

Siapa sangka, bencana global Pandemi Covid-19 yang tengah menghantui berbagai belahan dunia, justru menjadi momentum semakin menggeliatnya industrialisasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berawal dari gagasan bagaimana menekan secara luas dampak sosial ekonomi yang diakibatkan wabah ini, Gubernur dengan ide cemerlang dan keberaniannya memutuskan menyediakan jaminan pengaman sosial atau biasa disebut JPS bagi masyarakat terdampak. Tidak dengan uang, tetapi dengan produk-produk pangan dan suplemen lokal yang diproduksi oleh pelaku Industri Kecil dan Menengah.

Tercatat ada kurang lebih 4.673 IKM dan UMKM yang terlibat dalam JPS Gemilang dengan komoditas seperti beras, garam, ikan kering, minyak kelapa, abon, gula aren, susu kedelai, kopi, teh kelor, serbat jahe, dedungki, sabun, kue kering, dan kemasan. Program JPS Gemilang tidak hanya mendapatkan pujian dari berbagai kalangan, tetapi juga berhasil mengembangkan industri kerakyatan di tengah pandemi.

Bahkan Presiden Jokowi meminta daerah lain untuk mengikuti kebijakan stimulus ekonomi yang berhasil dilakukan oleh pemerintah Provinsi NTB. Dengan terserapnya produk-produk lokal, maka otomatis perputaran uang di masyarakat bisa tetap terjaga, dan perekonomian bisa terus berputar.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB sebagai OPD yang mengawal program industrialisasi terus berbenah dan bekerja untuk semakin berkembangnya industrialisasi. Berbagai program dan stimulus ekonomi terus diberikan kepada pelaku industri. Fasilitasi standardisasi produk-produk IKM seperti sertifikat halal, Hak Kekayaan Intelektual, SNI, test report, dan kemasan merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan daya saing produk lokal. Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia juga terus digalakkan, di antaranya pendampingan pengolahan dan pengemasan pangan lokal (ayam taliwang, ayam rarang, sate rembige, dan sate pusut), Bimbingan teknik pengolahan minyak atsiri, pelatihan alat tenun bukan mesin. Pelatihan sepeda listrik, penguatan desain dan diversifikasi produk industri kerajinan tenun/batik/perhiasan, dan pelatihan serta pendampingan peningkatan mutu kemasan produk IKM.

Selengkapnya

Industrialisasi Elemen Kunci Bangkitnya Ekonomi NTB, Kepiawaian Zul-Rohmi Membaca Momentum https://pusaranntb.com/…/industrialisasi-elemen-kunci-bang…/