3 Juli 2022

Desa Sukadana Kembangkan Industri Madu Lokal asli NTB

Kepala Seksi Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Retno Bintorowati dan Pejabat Fungsional Reza Hamidy mengunjungi industri budidaya madu di Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara Selasa 24/08/2021. Kegiatan ini dilakukan guna mengembangkan salah satu industri unggulan yakni pengembangan pengolahan madu asli NTB.

Desa Sukadana adalah salah satu Desa yang mengembangkan budidaya lebah melalui kelompok masyarakat dan kelompok ibu rumah tangga. Madu yang dihasilkan telah memiliki segmen pasar tersendiri. Madu unggulan dari desa Sukadana yakni madu Trigona yang telah dibudidayakan sekitar 8 kelompok masyarakat dengan 10 anggota perkelompok.

Tidak tanggung pemerintah desa Sukadana pun ikut mendukung kegiatan masyarakat ini dengan menyiapkan anggaran khusus bagi masyarakat yang melakukan kegiatan budidaya lebah hingga menghasilkan madu. Dengan semangat yang dimiliki masyarakat dalam industri madu yang di hasilkan tentu harus dijaga dengan baik, karena menjaga semangat yang sudah tumbuh itu lebih susah daripada memunculkannya.

Pak Ahyar Supriadi sebagai pelaku industri madu mengatakan bahwa kerjasama antar pihak terkait sangat dibutuhkan baik dari pemerintah maupun masyarakat sebagai pelaku industri. Target desa Sukadana tersendiri melalui pemerintah desa ingin mempadupadankan suasana wisata dengan budidaya madu sehingga bisa menjadi ikon desa Sukadana tersendiri. Madu trigona yang kini menjadi produksi terbesar di desa Sukadana akan terus dikembangkan sampai melahirkan produk madu asli dari Desa Sukadana.

Tantangan kedepan adalah penggunaan brand lokal dan memperkuat industri madu dengan segmentasi pasarnya. Mari bersama sama untuk mendukung industri madu lokal, bersama menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas