3 Juli 2022

Peran IKM dalam Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan & Anak dan TPPO

Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) merupakan kejahatan yang serius. Memperdagangkan orang secara ilegal merupakan tindak pidana. Pemahaman terhadap Prosedur kerja di luar negeri bagi masyarakat belum sepenuhnya dipahami, sehingga, masyarakat dapat dengan mudah terpancing oleh agen-agen ilegal yang memberikan cara mudah agar dapat kerja di luar negeri, yang sebenarnya mereka diperdagangkan. Saat ini, kasus TPPO di NTB tercatat sejak tahun 2017-2021 sebanyak 35 Kasus, 39 Korban, dan 40 Tersangka.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Balai Kemasan NTB Aryanti Dwiyani, M.Pd turut hadir dalam Rapat Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak termasuk TPPO yang diadakan oleh DP3AP2KB. Kegiatan ini juga dihadiri oleh POLDA NTB , Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Sosial, BP2MI, Solidaritas Perempuan Mataram, dan beberapa perguruan tinggi di hotel Aruna Senggigi pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Salah satu faktor penyebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan & anak serta TPPO adalah permasalahan ekonomi. Menguraikan masalah ekonomi dan memberi solusi dalam konteks perekonomian adalah salah satu jalan keluar. Di sinilah IKM bisa berperan.

“Perempuan-perempuan di desa dapat diberdayakan dengan optimal. Di karang taruna, di kelompok-kelompok masyarakat, seperti KWT (Kelompok Wanita Tani) misalnya. Bahkan, IKM-IKM NTB banyak juga yg perempuan. Dengan pelibatan perempuan dalam semua sektor, kasus traficking di desa dapat diminimalisir, ” ungkap Bu Aryanti.

Optimalisasi sektor wirausaha, khususnya UMKM dan IKM adalah salah satu jalan pencegahan. Semakin banyak perempuan yg menjadi wirausaha, maka akan semakin banyak perempuan yang mandiri. Perempuan yang berani berdiri di kaki sendiri. Tidak takut diinjak dan diperbudak. Apalagi dipukuli dan dinistai.

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak 🤚🤚🤚

@zulkieflimansyah
@sittirohmidjalilah
@komisiinformasintb @ntbprov @lalugitaariadi @nuryantitadjuddin @aryantidwyn @balaikemasan_ntb

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera