25 Oktober 2021

Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki potensi sumber daya yang bisa dioptimalkan dalam pengembangan industri ke depannya. Jumlah Sumber Daya Manusia NTB paling banyak di usia 15-44 tahun yang tersebar cukup merata di seluruh kabupaten/kota. Selain memiliki potensi sumber daya manusia, NTB juga memiliki potensi sumber daya alam yang sangat beragam dan memiliki kekhasan tersendiri di setiap daerahnya.

Selanjutnya, potensi lahan yang belum terkelola dengan optimal menjadi satu peluang untuk menentukan Kawasan Industri/Kawasan Peruntukan Industri.

Belum adanya rencana pembangunan industri yang komprehensif, menjadi salah satu tantangan pengembangan industri d NTB. Pengembangan industri masih dilakukan secara parsial dan belum terkoordinasi dengan baik.

Oleh karena itu, dilakukan penyusunan Rencana Pembangunan Industri Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dan pada Desember 2020, rancangan RPIP resmi menjadi Peraturan Daerah.

Semoga dengan disahkannya RPIP ini, peta jalan industrialisasi semakin terang dan gemilang sesuai dengan cita-cita kita bersama.