7 Juli 2022

“Dukung Kesetaraan Gender, Disperin NTB Hadiri Rakor Online Kesetaraan Gender”

Kesetaraan gender sering dikaitkan dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Korelasi tersebut jelas adanya. Kesetaraan gender merupakan simbol kesetaraan gerak laki-laki dan perempuan sesuai dengan kodrat. Jika itu dilanggar, maka berpotensi menimbulkan gangguan dan kekerasan terhadap anak.

Mendukung kesetaraan gender berawal dari konsep ketahanan keluarga. Pembagian peran yang jelas antar pasangan sesuai dengan konsep gender masing2 menjadi mekanisme perlindungan terbaik bagi minimalnya ruang kekerasan terhadap anak. Di NTB, kekerasan terhadap perempuan dan anak ibarat gunung es, sedikit muncul di permukaan, bagian terbesarnya tenggelam di lautan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Disperin NTB terlibat akfif dalam Rakor Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak yang diselenggarakan oleh DP3AP2KB Prov NTB melalui pertemuan daring yang dihadiri oleh Kepala Balai Kemasan, Aryanti Dwiyani, S.Pt., M.Pd, Kamis, 12 Agustus 2021.

Sektor industri menjadi salah satu opsi terbaik membangun ketahanan keluarga untuk membangun mekanisme kesetaraan gender yang tepat. Peran wirausaha NTB yang didominasi oleh perempuan menjadikan industri harusnya mampu menjadi jembatan isu krusial tersebut. Industri berbasis gender, tentu saja. Tanpa meninggalkan kodratnya sebagai sesama mahluk Tuhan.

Konsep ini jelas menjadi diskursus yang menarik untuk dibahas. Sektor industri NTB adalah sektor industri kecil dan menengah. Berbasis rumah tangga, mengelola potensi sekitar, dalam skala lokal, menjaga ekonomi keluarga. Membantu keluarga, tanpa meninggalkan kewajiban utama, edukasi terhadap anak sebagai generasi masa depan.

Konsep industri NTB seyogyanya mampu menjawab semua persoalan tersebut. Perempuan bekerja dan berwirausaha, adalah wajar saja, selama tidak meninggalkan kodratnya sebagai pondasi pendidikan anak dan keluarga. Penyatuan dua polarisasi tersebut adalah rancang bangun industrialisasi NTB. Itulah yang menjadikannya sebagai program unggulan Pemprov NTB.

Mari berdayakan perempuan NTB, sesuai dengan kodrat gendernya. Untuk tumbuh kembangnya anak NTB. Menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/disperinntb
https://www.instagram.com/p/CSeuNdnhzq1/