20 September 2021

“Daring Meeting Bersama Kadisperin NTB Membahas RPIP NTB”

Membahas RPIP 2021 – 2041 bersama Bunda Kadis Yanti dan jajaran struktural Disperin NTB, Jumat, 30 Juli 2021 sangatlah menarik. Walaupun diadakan secara daring, diskusi yang terbangun tetap terasa menyenangkan.

Kadisperin NTB kembali mengingatkan posisi RPIP sebagai dokumen perencanaan 20 tahun untuk sektor industri di NTB. Rencana makro yang disusun harus mampu selaras dan memhuka ruang bagi seluruh pihak dalam memberikan dukungan dalam pembangunan di sektor industri NTB 20 tahun kedepan.

“Sektor industri harus mampu menyumbangkan share PDRB sebesar dua digit, dan RPIP NTB ini harus menjadi jembatannya”, demikian disampaikan oleh Kadisperin NTB, Nuryanti, SE., ME. Spirit ini tentunya harus mampu dijabarkan dalam bentukan rencana aksi yang mendorong peningkatan nilai tambah sektor industri. Membangun ekosistem industri dengan integrasi sektor hulu hilir jelas menjadi strategi terbaik. Konsep ini yang semestinya menjadi roh RPIP NTB Tahun 2021 – 2041.

Cikal bakal ekosistem industri dapat dilakukan dengan memperkuat dan revitalisasi sentra industri di NTB. Sentra industri menjadi salah satu opsi mendorong share PDRB sektor industri di NTB. Dukungan Kemenperin RI yang menjadikan terbangunnya sentra industri sebagai salah satu prioritas perencanaan nasional adalah peluang yang harus terus digagas. Dan tentu saja, RPIP NTB 2021 – 2041 harus menjadi ruang terbaik untuk mendorong hal ini.

Kadisperin NTB juga menyampaikan agar seluruh oejabat struktural mengacu pada target2 RPIP NTB dalam perencanaannya. Termasuk dalam menghadapi berbagai isu strategis kedepan seperti bonus demografi dan digitalisasi. “Sektor industri harus mampu menjawab semua tantangan tersebut melalui RPIP NTB 2021 – 2041 ini”, demikian ujar Nuryanti, SE., ME.

Mari kita inisiasi bersama agar dokumen RPIP NTB Tahun 2021 – 2041 ini dapat terselesaikan secara substantif dan administratif. Untuk perencanaan makro sektor industri ke depan, menuju NTB Gemilang.

https://web.facebook.com/disperinntb
https://www.instagram.com/p/CSCKti6hyLV/