20 September 2021

“Disperin NTB Hadiri Pembahasan Food Estate”

Sebagai daerah dengan basis agraris, komoditas dan hasil bumi menjadi salah peluamg untuk dikembangkan di sektor industri. Peluang tersebut harus dibangun dalam suatu pengembangan Kawasan Food Estate yang mengedepankan konsep pertanian terpadu dari hulu sampai ke hilir.

Menindaklanjuti webinar antara Gubernur NTB dengan Menko Maritis Dan Investasi RI dengan tema Food Estate For Spice Up The World beberapa waktu yang lalu, Disperin NTB diwakili oleh Kabid PSDI, Lalu Muhammad Lutfi, ST., M.Si menghadiri Rakor Pembangunan Food Estate di NTB dengan konsentrasi pada pengembangan komoditas cengkeh dan vanili khususnya di. P. Lombok, Jumat, 16 Juli 2021.

Support Disperin NTB dalam pengembangan komodjtas tersebut difokuskan pada kebutuhan permesinan untuk mendukung proses pengolahan pasca panen vanili dan cengkeh ssbagai komoditas pada Kawasan Food Estate yang akan djbangun dj P. Lombok. Kebutuhan ini tentunya djsupport oleh kawan2 IKM permesinan di NTB yang sampai sejauh ini telab berhasil mengembangkan jenis2 mesin olahan komoditas unggulan lainnya dari Provinsi NTB. Dalam Rakor tersebut, disampaikan juga mengenai dukungan Disperin NTB untuk menghadirkan permesinan berbasis internet (IoT) sebagai salah satu bukti kompetensi IKM permesinan di NTB.

Sebagai sebuah kawasan yang terintegrasi, Food Estate di NTB menjadi sebuah konsep industri di masa depan. Khususnya bagi IKM permesinan, dalam mendukung industri turunan dari komoditas yang akan dikembangkan. Support IKM permesinan tersebut tentunya tidak hanya melakukan proses olahan, lebih jauh, harus mampu bersinergj secara aktif dengan produsen bahan baku untuk menghasilkan produk olahan dengan standar kualitas tinggi dan sesuai dengan yang djharapkan. Karena pada prinsipnya, untuk itulah, sebuah kawasan yang terintegrasi sepertj Food Estate ini dibangun.

Mari kita dukung bersama pengembangan Food Estate dengan komoditas unggulan vanill dan cengkeh NTB ini. Menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/disperinntb/photos/a.101120098094515/371865281019994
https://www.instagram.com/p/CRcRZwZhAe3/