20 September 2021

UD Fajar Samudera: Industri Penggilingan Beras Berbasis Teknologi Modern di Sumbawa

NTB sudah dikenal sebagai lumbung beras nasional. Surplus beras di NTB bahkan sudah dikirim ke berbagai provinsi lain di luar NTB. Pengembangan beras sebagai salah satu industri unggulan di NTB jelas menjadi salah satu peluang yang harus digagas.

UD. Fajar Samudra – Sumbawa menyambut peluang tersebur. Menginisiasi berdirinya Rice Milling Unit Modern, industri penggilingan beras berbasis pada teknologi pengolahan beras modern. Inisiasi ini mengundang atensi Gubernur NTB dan jajaran Kepala OPD Pemprov NTB, termasuk Dinas Perindustrian NTB, yang diwakili oleh Kabid Sapras Dan Pemberdayaan Industri, Lalu Siswadi Handayani, SE., M.Pd, Minggu, 11 Juli 2021.

Kunjungan dimulai dari gudang persiapan bahan menuju ke gudang produksi, dilanjutkan ke gudang kemasan dan berakhir di gudang penyimpanan hasil produksi. “Saya bangga dengan berdirinya pabrik beras yang telah menerapkan teknologi modern dalam proses produksinya dan menjadi salah satu pabrik terbesar di Asia Tenggara”, atensi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkoeflimansah, SE., M.Sc., selanjutnya

Sebagai tindak laniut pengembangannya, Gubernur berpesan kepada OPD terkait untuk menindaklanjuti hasil kunjungan tersebut dengan mencari terobosan untuk membantu pemasaran hasil produksi industri beras tersebut. Agar proses produksi dapat terus berjalan dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar NTB.

Kolaborasi dengan industri penggilingan beras lainnya di NTB dalam sebuah standarisasj produsi pun harus dibangun secara komprehensif. Intensifikasi pertanian sebagaj sumber bahan baku beras pun harus terus didorong. Agar proses produksi berbasis teknologi ini dapat terus berjalan dengan kontinyu. Menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/disperinntb/photos/pcb.368929411313581/368929317980257/
https://www.instagram.com/p/CRQC_XJh76Q/