20 September 2021

Wiharjan: Pelaku IKM Pegiat Permesinan Berbasis IoT

Hari gene masih analog? Digital dong. Bisa jadi itulah slogan dari IKM UD. 3 W Karang Baru – Mataram di bawah pimpinan Wiharjan. IKM yang berkonsentrasi di sektor industri permesinan ini saat ini telah mulai mengembangan peralatan rumah tangga dengan basis Internet Of Thing (IoT) seperti misalnya Smart Home JS Mart, alat pemintal benang otomatis, hand sealer, dan liquid dispenser otomatis. Dan saat ini, Wiharjan sedang mengerjakan mesin filling analog yang akan didorong berbasis sistem digital.

Menindaklanjuti perkembangan IKM yang sedemikian canggih tersebut, Kepala Bidang Sarpras Dan Pemberdayaan Industri, Lalu Siswadi Handayani, SE., M.Pd dan tim melakukan kunjungan ke IKM UD 3 W untuk melihat langsung proses pembuatan peralatan berbasis IoT tersebut secara lebih dekat. Kunjungan ini pun dimaksudkan untuk memberikan support terkait pengembangan sistem peralatan berbasis digital tersebut.

Menurut Wiharjan, pada prinsipnya, seluruh peralatan dan mesin yang ada dapat dibuat dengan sistem digital. Beberapa penambahan komponen yang sifatnya strategis jelas menjadi langkah pertama. Jaringan internet dengan koneksi stabil pun menjadi faktor penting berikutnya. Mendengar cerita dari Wiharjan, yang pernah bekerja di salah satu service centre peralatan elektronik ini, maka mimpi digitalisasi NTB seolah sudah di depan mata.

Tim Disperin NTB sangat tertarik melihat kreatifitas dan inovasi dari Wiharjan ini. Rencana pengembangan prototipe mesin filling yang sedang diinisiasinya mendapat respon positif dari tim. Tim berharap agar prototipe tersebut dapat segera dirampungkan untuk mendapat assesment berikutnya dari Disperin NTB maupun entitas lain yang berkompeten.

Ternyata, potensi IKM NTB ini memang luar biasa. Dalam senyap mereka berkarya. Membangun berbagai model digitalisasi berbasis internet. Pengembangan karya ini tentunya menjadi tugas Pemprov NTB khususnua Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Agar karya ini semakin memberikan arti dalam mendorong tumbuh kembangnya IKM NTB secara keseluruhan.

Mari menyambut era digital NTB menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/365261361680386/
https://www.instagram.com/p/CRBIkHhBjUI/?utm_medium=copy_link