25 Oktober 2021

Kopi NTB: Gabungan Kreatifitas, Inovasi, dan Sinergi

Bersilaturahmi dengan sesama stakeholders industri adalah salah satu bentuk kebaikan. Membangun kesepahaman bersama untuk perkembangan industri di NTB. Setelah beberapa waktu yang lalu, IKM Wangi-wangi Kopi dengan owner Bang Quadro bersilaturahmi ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB, maka hari Selasa, 6 Juli 2021, tim Dinas Perindustrian Provinsi NTB dipimpin oleh Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri, Lalu Muhammad Lutfi, ST., M.Si beranjangsana ke rumah produksi IKM Wangi-wangi Kopi.

Dalam diskusi hangat tersebut, dibicarakan mengenai berbagai hal terkait dengan kopi sebagai salah satu komoditas unggulan NTB yang tentunya harus terus dikembangkan untuk pengembangan sektor industri di NTB. Menjadikan kopi NTB yang sangat kaya dengan rasa dan varietas sebagai tuan rumah di tanah sendiri harus menjadi tujuan bersama. “Bagaimana caranya, agar kopi lokal bisa murah dan diterima oleh seluruh kalangan”, demikian disampaikan oleh Bang Quadro, yang telah menggeluti usaha kopi sejak 2016 yang lalu.

“Secangkir kopi yang nikmat yang tersaji di atas gelas merupakan sebuah proses panjang yang dimulai dari proses pemetikan biji kopi yang baik dan benar, sampai ke cara perlakuan pasca panen, roasting sampai ke cara penyajiannya, jadi memang tidak bisa sembarangan”, demikian disampaikan oleh Bang Quadro, dengan penuh antusias. Dari diskusi ini, jelas tersampaikan, bahwa proses menjadikan kopi NTB sebagai tuan rumah jelas adalah pekerjaan bersama, hulu dan hilirnya harus terjaga sehingga sampai ke atas meja dalam sajian secangkir kopi layaknya minuman para dewa.

“Banyak kesalah pahaman yang terjadi kepada masyarakat terkait kopi, dan itu harus bersama-sama kita luruskan,” pungkas Bang Quadro.

Silaturahmi ini justru membawa sebuah pekerjaan rumah buat kita semua.Jika benar bahwa NTB ini memang kaya dengan kopi, adalah sebuah paradoks jika kopi NTB kalah populer dengan jenis kopi lain dari luar NTB. Bagaimana menjawab paradoks ini, mari kita diskusikan bersama. Membawa nama kopi NTB agar mampu berdiri sejajar dengan brand kopi lain yang telah eksis di Indonesia, sembari ngopi, tentu saja, menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/365132221693300/
https://www.instagram.com/p/CRAmXKwB-_j/?utm_medium=copy_link