25 Oktober 2021

Kawasan Industri Halal NTB: Sarana IKM Bangun Peluang

Niat baik Pemerintah Provinsi NTB untuk terus mengembangkan ekosistem industri Halal di NTB terus berproses lho. Setelah beberapa waktu yang lalu, tim Disperin NTB melakukan koordinasi ke MUI NTB terkait dengan penyusunan Road Map Kawasan Industri Halal NTB, maka koordinasi selanjutnya dilakukan ke Dinas LHK Provinsi NTB selaku pemangku kawasan tanah negara yang akan dijadikan lokasi pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH)di NTB.

Koordinasi ke Dinas LHK Provinsi tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Kerjasama, Pengawasan dan Promosi Investasi, Dra. Hj. Ely Suryani, M.Pd bersama Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian, Bahrul Helmi, SH, Senin, 05 Juli 2021. KIH NTB tersebut direncanakan berlokasi di wilayah Selong Belanak – Loteng yang secara hukum merupakan kawasan hutan negara dengan fungsi Hutan Produksi (HP).

Rencana lokasi tersebut didesain dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai bentuk dukungan terbaik dalam pengembangan industri wisata di KEK Mandalika-NTB. Produk olahan pangan yang dihasilkan dari Kawasan Industri Halal tentunya akan menjadi salah satu jaminan pasar bagi para wisatawan domestik dan mancanegara yang akan melakukan aktifitas publik di KEK Mandalika. Hal ini akan semakin memperkuat branding NTB sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang menerapkan Halal Tourism dalam aktifitas wisatanya.

Namun yang harus diingat Sobat semua, KIH ini bukan hanya untuk mengeluarkan produk olahan pangan saja lho ya. Namun, juga akan menjadi sebuah pilot project hulu – hilir sektor industri di NTB dengan konsep halal dari mulai proses bahan bakunya, proses produksinya, sampai hasil akhir produknya.

So, mari kita kawal bersama rencana pembangunan KIH ini ya Sobat. Master Plan-nya dalam proses penyusunan, rencana lokasinya telah ditetapkan, maka tinggal kesiapan kawan-kawan IKM di sekitar KEK Mandalika dan NTB untuk terlibat aktif dalam membangun peluang rantai pasok terkait dengan KIH tersebut. Semoga rencana besar ini bisa berjalan dengan lancar menuji NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/364782655061590/
https://www.instagram.com/p/CQ_KazLhT63/?utm_medium=copy_link