25 Januari 2022

Disperin NTB Fasilitasi Hak Kekayaan IntelektuaI IKM

Daya tarik IKM NTB untuk bersilaturahmi ke Dinas Perindustrian ternyata cukup tinggi lho Sobat semua. Hampir setiap hari Dinas Perindustrian dikunjungi oleh kawan-kawan IKM.

Senin, 05 Juli 2021, kembali Disperin NTB menerima kunjungan dari kawan-kawan IKM NTB. IKM Rinjani Food, yang bergerak di sektor sambal kemasan bubuk bersilaturahmi ke kantor Disperin dan diterima oleh Bunda Evy Djukaeha Traviningsih, ST, Kepala Seksi Fasilitasi Industri, Industri Hijau, dan Standardisasi Industri serta Fungsional, Dra Hafsah. Diskusi berlangsung hangat mengenai proses sertifikasi merek dan desain industri dari produk sambal yang diinisiasi oleh IKM Rinjani Food tersebut.

Sebagaimana dipahami dan sesuai dengan aturan yang berlaku, untuk pengurusan izin merek dan desain industri produk IKM difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB untuk ditindaklanjuti oleh Kemenkumham RI sebagai lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk mengurusi perizinan terkait izin merek dan izin desain industri. “Sesuai SOP yang dikeluarkan Kemenkumham RI, pengurusan izin merek dan desain industri, dapat memakan waktu selama 24 bulan, karena harus disebarluaskan melalui media internasional untuk menghindari gugatan publik terkait keaslian dan keabsahan usulan merek dan desain industri”, demikian penjelasan Bunda Evy, panggilan akrabnya.

Walaupun lama dan panjang, izin merek dan desain industri (logo) harus tetap diurus ya Sobat semua. Karena hal tersebut menyangkut atas Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari merek dan desain industri (logo) sebuah entitas bisnis. Dan semua itu diatur dalam Undang-undang lho Sobat. Jadi agar Sobat semua dapat menjalankan usaha dengan aman dan nyaman, mari mendaftarkan usulan izin merek dan desain Sobat semua ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB atau dapat menghubungi langsung Kanwil Kemenkumham RI di NTB ya.

Industrialisasi adalah program unggulan Pemprov NTB. Dan hal ini jelas harus seiring sejalan dengan pengurusan legalitas Sobat Industri semua ya. Untuk kawan-kawan IKM NTB sendiri, menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/364038778469311/
https://www.instagram.com/p/CQ8Gf6ch0of/?utm_medium=copy_link