25 Oktober 2021

UMKM Bicara: Sektor UMKM Serap 1.6 Juta Tenaga Kerja

Menindaklanjuti Hari UMKM Internasional Tahun 2021, International Council Of Small Business (ICSB) NTB mengadakan event UKM Bicara yang menghadirkan Koordinator ICSB Wilayah NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah, SE., M.Sc sebagai Keynote Speaker. Disamping itu, dihadirkan juga Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi NTB, bertempat di halaman kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Jumat, 02 Juli 2021.

Dalam sambutannya, Bunda Niken, menyampaikan bahwa sektor UKM merupakan salah satu sektor paling penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi NTB. Penyerapan tenaga kerja yang mencapai angka 1,6 juta orang di sektor ini merupakan alasan mengapa sektor ini harus terus tumbuh dan berkembang di NTB. Potensi sumberdaya alam NTB yang sangat kaya merupakan alasan berikutnya mengapa sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang akan terus didorong oleh Pemprov NTB.

Menindaklanjuti sambutan Bunda Niken tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, yang diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama, Promosi, Investasi Dan Pengendalian Industri, Dra. Hj. Ely Suryani, M.Pd menyampaikan tema besar terkait industrialisasi NTB. Industrialisasi NTB yang terdiri dari enam sektor industri prioritas merupakan salah satu daya ungkit utama dalam pertumbuhan dan perkembangan UMKM di NTB. Industrialisasi dengan tujuan utama meningkatkan proses olahan di NTB untuk semakin mendorong nilai tambah produk UMKM NTB selaras dengan apa yang menjadi tujuan ICSB untuk mendorong tumbuh kembangnya UMKM di NTB.

Banyak diskusi yang terbangun dalam kegiatan ini. Urusan standarisasi produk UMKM, pentingnya legalitas, serta urgensi pendampingan untuk UMKM NTB dari seluruh pihak terkait agar produk UMKM NTB dapat naik ke level yang lebih tinggi dan mampu bersaing di pasar yang lebih besar.

Event seperti ini merupakan ajang pembelajaran terbaik untuk kawan-kawan UMKM NTB. Seyogyanya harus sering dilaksanakan. Apalagi juga jika melibatkan IKM-IKM senior sebagai narasumber. Sharing session dari dan untuk UMKM NTB untuk NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/363894558483733/
https://www.instagram.com/p/CQ7eRvWhk01/?utm_medium=copy_link