19 Agustus 2022

Wangi-Wangi Kopi: Ikhtiar Memasifkan Kopi di Tanah NTB

Nama besar Wangi-Wangi Kopi tentunya sudah populer khususnya di kalangan penggemar kopi di NTB. Wangi-wangi Kopi yang konsen pada kopi lokal NTB ini merupakan salah satu IKM Kopi yang didirikan oleh Bang Quadro. Kombinasi dari hobi beliau sebagai fotografer dan spiritnya untuk menjadikan kopi NTB sebagai tuan rumah di tanah sendiri.

Untuk membangun relasi yang lebih kuat, khususnya dengan kalangan Pemerintah, IKM Wangi-Wangi Kopi melakukan silaturahmi ke kantor Dinas Perindustrian Provinsi NTB dan diterima oleh Kepala Bidang PSDI, Lalu Lutfi, ST., M.Si bersama jajaran. Kunjungan tersebut membahas berbagai rencana pengembangan IKM Wangi-wangi Kopi khususnya dalam mengembangkan kopi NTB di pasar NTB sendiri.

Wangi-wangi Kopi yang saat ini membuka gerai di Cafe Paradiso – Kota Mataram ini, telah menerima beberapa jenis kopi, baik dari Lombok maupun Sumbawa. Keberadaan mesin roasting yang masih sederhana menjadi salah satu kendala yang disampaikan.

Poin lain yang juga harus mendapat perhatian, menurut Bang Quadro adalah kemasan Wangi-wangi Kopi yang dipandang masih sangat ekslusif sehingga sulit untuk masuk ke warung-warung kecil. Hal ini tentunya menjadi hambatan dalam memasifkan kopi NTB di semua kalangan.

Semua hal tersebut diatensi dengan baik oleh Kepala Bidang PSDI dan jajarannya untuk ditindaklanjuti dan menjadi rencana pengembangan industri kopi di NTB. Niat baik IKM Wangi-wangi Kopi bersama Quadro dan teman-temannya jelas harus didukung penuh sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.

Dari Bang Quadro, kita belajar, bahwa dari sebuah hobi kita bisa membangun sebuah peluang usaha berbasis komoditas unggulan di NTB. Yaitu kopi. Dukungan Pemprov khususnya Disperin NTB dan stakeholders terkait tentunya wajib untuk dilakukan. Agar kopi NTB menjadi tuan menjadi tuan rumah negeei sendiri.

Semoga niat baik ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kopi NTB untuk masyarakat NTB, menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/362767175263138/
https://www.instagram.com/p/CQ3PKPnhOb5/?utm_medium=copy_link