20 September 2021

“Digitalisasi Data ASN, Digitalisasi Data IKM NTB”

Digitalisasi saat ini telah merambah ke banyak sektor. Termasuk sektor updating data ASN. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB merilis aplikasi MySAPK. Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang bisa diakses oleh seluruh ASN lingkup Pemprov NTB agar seluruh arsip kepegawaian personal tersimpan dalam bentuk digital.

Hajat baik ini pada prinsipnya merupakan bentuk adaptasi dari industri 4.0 di mana seluruh sektor berbasis pada Internet of Thing (IoT) atau dengan kata lain berbasis digital. Dan OPD Disperin NTB diwakili oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Dewa Putu Rijaksana, SE bersama tim menghadiri launcing aplikasi MySAPK tersebut, Rabu, 30 Juni 2021.

Digitalisasi saat ini sudah menjadi keseharian. Pemahaman terhadapnya jelas harus menjadi keseharian. Jika MySAPK adalah digitalisasi data ASN, maka digitalisasi data kawan2 IKM NTB tentunya pun bisa dong.

Digitalisasi data tersebut bisa berupa penyimpanan arsip digital untuk seluruh legalitas perizinan yabg dimiliki oleh kawan2 IKM NTB. Dokumen NIB, IUMK, SIUP, NPWP, TDI, Sertifikat Halal, Izin Merek, Izin Desain Industri dan dokumen lainnya tentu bisa didigitalkan ya Sobat semua. Asyik kan.

Dan asyiknya lagi, jika BKD Prov NTB punya MySAPK, Disperin juga punya lho, mekanisme pendataan digital sejenis. Namanya Sistem Informasi Manajemen Industri a.k.a SIMANIS. Di sini, semua dokumen perizinan dapat diunggah dan tersimpan rapi dalam sistem berbasis internet.

Syarat mutlaknya, ya Sobat semua harus punya dong dokumen legalitas sebagaimana dimaksud. Kalau belum ada, bisa berkoordinasi dengan Disperin Kab atau Disperin Prov untuk proses lebih lanjut ya Sob.

Hari gene masih data manual? Ayo lha, mari berbenah Sobat semua. MySAPK untuk sobat ASN, kami punya SIMANIS untuk Sobat IKM semua. Semua berbasis digital, mudah dan praktis.

Yuk sama sama belajar masuk ke era digital, menuju NTB Gemilang.

https://www.facebook.com/100513331488525/posts/361296738743515/
https://www.instagram.com/p/CQxKwVVBOpq/?utm_medium=copy_link