4 Juli 2022

Kunjungan PT GNE ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB Bahas Industri Sekam

Pertemuan antara stakeholders dalam sebuah niatan yang baik pastilah membawa kebaikan untuk semua. Hal ini merupakan petuah bijak dari para pendahulu.

Narasi ini sepertinya pas untuk menggambarkan kunjungan BUMD PT. Gerbang NTB Emas (GNE) ke Disperin NTB yang diterima oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Industri, Iskandar Sukmana, S.Pd., M.Pd, Senin, 28 Juni 2021.

Pertemuan kedua stakeholders di sektor industri ini membahas tentang pengembangan industri sekam di Provinsi NTB. Sekam yang merupakan hasil pembakaran jerami padi ini sepertinya akan menjadi sektor industri baru yang sedang menjadi fokus BUMD PT. GNE dalam master plan bisnis mereka ke depan.

Sebagai salah satu lumbung padi nasional, NTB tentunya memiliki potensi sekam yang luar biasa. Peluang tersebut sepertinya ditangkap oleh PT. GNE sebagai pengembangan industri turunan padi selain menjadi beras dan kebutuhan pokok lainnya.

Di satu sisi, inisiasi industri sekam oleh PT. GNE ini menjadi peluang bagi Disperin NTB untuk menyikapinya dengan rancangan program dan kegiatan yang berkaitan dengan inisiasi pengembangan industri sekam tersebut. Potensi padi yang melimpah, menghasilkan sekam yang pastinya melimpah. Sumberdaya yang melimpah tersebut tentunya harus digarap serius dalam rangka pendalaman struktur industri di NTB, sebagaimana konsep industrialisasi sebagaimana disampaikan oleh Gubernur NTB, Bang Zul di beberapa kesempatan resmi.

Sekam, selama ini identik dengan abu gosok untuk alat pembersih. Semoga di bawah inisiasi PT. GNE dan Disperin NTB dapat meningkatkan nilai tambah untuk petani NTB pada umumnya. Bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.

@zulkieflimansyah
@sittirohmidjalilah
@ntbprov
@komisiinformasintb

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas