3 Desember 2022

Kunjungi IKM Kerajinan di Lombok Tengah: Balai Kemasan NTB Siap Fasilitasi Kemasan IKM

Melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan salah satu tugas OPD Pemprov NTB. Termasuk di dalamnya OPD Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Kepala Balai Kemasan, Dwiyanti Aryani, S.Pd., M.Pd bersama Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri, Lalu Siswadi Handayani, SE., M.Pd dan tim melakukan kunjungan kerja ke IKM Kerajinan Bun Mudrak, Galang Songket, Ungga Creative dan Dhimas Shilver di Lombok Tengah, pada Senin, 28 Juni 2021.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau perkembangan IKM-IKM yang telah melakukan pencetakan packaging kemasan ke Balai Kemasan Produk Daerah beberapa waktu yang lalu. Menilai respon konsumen atas packaging yang diberikan, merupakan salah satu upaya untuk membangun atensi yang positif untuk eksistensi IKM NTB khususnya IKM kerajinan

Sebagaimana kita pahami, IKM Kerajinan merupakan salah satu cabang industri yang erat kaitannya dengan selera konsumen. Nilai kualitatif dari kata “selera konsumen” cenderung berbeda dan tidak dapat digeneralisir satu persatu. Unsur packaging yang baik merupakan salah satu opsi dalam menarik selera konsumen agar berada di frekuensi yang sama. Sebaik apapun bentuk fashionnya, jika dibungkus dengan cara yang kurang apik, tentunya akan mengurangi nilai keindahan isinya.

Packaging yang menarik jelas menjadi minat utama. Packaging yang eye cathching akan menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dimaksud. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus didorong dalam bentuk program dan kegiatan bagi Disperin NTB dan pelaku IKM kerajinan untuk terus memberikan model packaging yang eye cathching dan up to date bagi pelaku IKM.

Kerja berat ini tentu akan menjadi ringan jika dikerjakan bersama. IKM kerajinan membangun konsepnya, Balai Kemasan Produk Daerah yang mencetak desainnya. Monitoring dan evaluasi berbalut silaturahmi dengan niat saling mensupport terus dilakukan untuk mencari opsi terbaik bagi perkembangan bersama. Sungguh kolaborasi yang sangat indah tentu. Jika semua bisa terwujud, NTB Gemilang tentu akan menjadi nyata.