3 Juli 2022

Nuryanti: Embrio Ekosistem Industri Kerajinan Kulit Ada di Bima

Kulit khususnya kulit sapi merupakan salah satu hasil sampingan industri ternak. Kabupaten Bima sebagai salah satu sentra peternakan sapi di Provinsi NTB jelas merupakan penghasil kulit terbesar. Mengolah kulit sapi untuk menjadi bahan industri kreatif dalam bentuk handycraft dan kerajinan kulit lainnya menjadi salah satu misi besar yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bima serta para pengrajin kulit di Desa Tangga – Bima.

Jika ingin melihat salah satu embrio ekosistem industri di NTB, mari kita berkunjung ke Desa Tangga Kabupaten Bima. Di sini, olahan kulit sapi yang didapatkan dari para peternak sapi yang merupakan mata pencaharian sebagian besar penduduk Bima diolah sedemikian rupa menjadi kerajinan kulit yang menawan. Industri ternak menyumbang kulitnya, industri kreatif kulit mengolahnya menjadi handycraft yang cantik melalui proses penyamakan kulit yang terstandarisasi mutu dan kualitasnya. Kolaborasi inilah yang disebut ekosistem industri. Ketika seluruh sumberdaya NTB bisa dioptimalkan menjadi produk olahan yang bernilai tambah tinggi untuk memberikan lapangan pekerjaan dan aktifitas ekonomi baru untuk masyarakat di sekitarnya.

Mendorong ekosistem ini agar dapat berjalan dengan optimal, Kepala Dinas Perindustrian Provisni NTB, melakukan peninjauan langsung ke Desa Tangga yang merupakan sentra penyamakan kulit di Kabupaten Bima. Menyaksikan langsung betapa kulit sapi diolah melalui proses penyamakan untuk kemudian didesain membentuk beragam pola kerajinan membuat perempuan kelahiran Bima ini tersenyum bangga. “Proses penyamakan kulit ini jika dikembangkan akan menjadi potensi peningkatan nilai tambah kulit sapi dan memberikan dampak ekonomi yang positif terhadap perkembangan daerah Bima dan NTB khususnya”, demikian arahan Kadisperin NTB, Nuryanti, SE., ME dalam kegiatan tersebut.

Dari Desa Tangga, ekosistem industri itu sudah mulai terbangun. Mari kita kembangkan bersama menuju NTB Gemilang.

@zulkieflimansyah
@sittirohmidjalilah
@komisiinformasintb

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB