20 September 2021

UD. Dangga Sia, Produksi Garam Yodium Hingga Garam untuk Spa.

Pengolahan Garam merupakan komoditi unggulan Kabupaten Bima. Komoditi ini menjadi salah satu sektor industri yang memberi penghidupan bagi masyarakat kabupaten Bima di sentra-sentra produksi. UD. DANGGA SIA memproduksi Garam beryodium juga memproduksi Garam Spa yang dikemas dengan berbagai macam warna dan aroma menarik hingga penerapan SNI.

Kadisperin NTB Nuryanti, SE., ME Bersama Sekdis Disperin NTB Dra. Sri Irianti, Kasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Retno Bintorowati A.md Gizi., S.pd. Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Industri, Kreativitas, dan Inovasi Yana Mulyana, ST. Serta Mismalah S.Adm Melakukan Kunjungan ke Pengolahan Garam Beryodium DANGGA SIA Berlokasi di Desa Darussalam Kec. Bolo Kab. Bima Pada hari Jumat 25 Juni 2021.

Pada Kunjungan tersebut Kadisperin NTB disambut baik oleh Ibu Arabiah Pengelola dari Rumah produksi Garam Beryodium UD. DANGGA SIA dan berkesempatan melihat langsung Rumah produksi garam beryodium KPTI DANGGA SIA, Tak hanya memproduksi Garam beryodium UD. DANGGA SIA juga memproduksi Garam Spa yang dikemas dengan warna-warna dan aroma menarik dengan Penerapan SNI.

UD. DANGGA SIA telah menerapkan tahapan industri pengolahn garam beriodium dan telah menggunakan mesin-mesin seperti mixer, oven, penyemrot iodium, pengering dan alat pengemas sederhana. Sesuai kondisi di lapangan, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya UD. DANGGA SIA berharap Disperin NTB dibantu mesin mixer (Kerena mesin yang dipunya saat ini rusak), oven, dan alat pengemas otomatis (vacuum sealer). Menanggapi hal tersebut Kadisperin NTB menyampaikan alat-alat untuk produksi garam akan dicoba untuk dimodifikasi menjadi industri 4.0.

Perihal kemasan pengemas garam, UD. DANGGA SIA telah melakukan kerjasama pemesanan dengan UPTD BKPD provinsi NTB. Hingga kini pemasaran garam oleh UD. DANGGA SIA tetap memenuhi pesanan dari beberapa desa yg ada di kabupaten Bima melalui program Anggaran Desa dengan produksi hingga 15 ton garam setiap bulannya.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia