22 Mei 2022

“Kadisperin NTB : Mati Suri, UPTD Gerabah Penujak Lombok Tengah Harus Bisa Bangkit Kembali”

Setelah meninjau pembuatan gerabah di Sentra Gerabah Banyumulek, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE, ME didampingi oleh Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri, Lalu Muhamad Lutfi, ST., M.Si bersama dengan tim Komite Ekonomi Kreatif Dan Inovasi Jawa Barat mengunjungi UPTD Gerabah Penujak di Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, ditemukan fakta bahwa kondisi UPTD Gerabah Penujak saat ini sedang mati suri. Keberadaan berbagai sarana penunjang seperti peralatan pengolah tanah liat menjadi gerabah, tungku pembakar dan berbagai peralatan penunjang lainnya mangkrak dan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini jelas memprihatinkan. Namun, fakta tersebut sejalan dengan kondisi gerabah yang beberapa dasawarsa lalu menjadi primadona di NTB namun secara perlahan mulai redup karena faktor persaingan usaha dan kurangnya komitmen dalam upaya mempertahankannya.

Menilik hal tersebut, Kepala Disperin NTB berharap agar Pemda setempat dalam hal ini Pemkab Lombok Tengah dapat merevitalisasi kembali keberadaan UPTD Gerabah Penujak tersebut agar seluruh peralatan pembuatan gerabah dapat kembali berjalan dengan optimal. Tantangan berat namun penting untuk dilakukan, untuk mengangkat kembali eksistensi kerajinan Gerabah Lombok sebagai salah satu ikon industri kreatif di NTB.

Selain itu, Kepala Disperin Provinsi NTB berharap ada support yang intensif dari Pemprov Jabar melalui Komite Industri Kreatif dan Inovasi dalam mendukung upaya tersebut. Sebagai tindak lanjut dari inisiasi Jabar – NTB Connection yang telah dirintis oleh kedua belah pihak. Membuka peluang pasar untuk Gerabah Lombok di Jawa Barat bisa menjadi salah satu opsi untuk mendorong tumbuhnya industri kerajinan gerabah Lombok khususnya melalui UPTD Gerabah Penujak – Kab. Lombok Tengah.

Revitalisasi UPTD Penujak – Lombok Tengah sebagai salah satu opsi untuk menjadikan Gerabah Lombok sebagai primadona dan ikon industri kreatif menjadi salah satu isu strategis dalam kunjungan kerja tim Disperin NTB dan Komite Industri Kreatif dan Inovasi Jawa Barat ini ke Kabupaten Lombok Tengah ini. Semoga hal ini bisa ditindaklanjuti dengan berbagai rancangan program dan kegiatan yang sifatnya memberikan solusi dalam mendorong kembali tumbuh dan kembangnya industri Gerabah Lombok di NTB.
Mari dukung kembali Gerabah Lombok sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Mengembalikan ikon Gerabah Lombok sebagai ikon industri kreatif adalah tantangan besar dalam iklim industrialisasi NTB. Kita harus percaya bahwa semua itu pasti bisa. Menuju NTB Gemilang.
#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas