22 Mei 2022

“Kadisperin Bersama Komite Ekonomi Kreatif Dan Inovasi Jawa Barat Lakukan Kunjungan Ke Sentra Gerabah Banyumulek”

Untuk kedua kalinya, perwakilan Pemprov Jawa Barat datang ke NTB. Sebagai tindak lanjut dari Jabar – NTB Connection yang telah diinisiasi oleh kedua Pemprov beberapa waktu yang lalu, kali ini kunjungan kerja dilakukan oleh Komte Ekonomi Kreatif dan Inovasi Pemprov Jawa Barat. Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti, SE., ME bersama Kepala BIdang Pembangunan Sumberdaya Industri, Lalu Muhamad Lutfi, ST., M.Si mendampingi tim Komite Kreatif Dan Inovasi Jawa Barat, berkunjung ke sentra Gerabah Banyumulek-Lombok Barat.

Kunjungan ini disambut baik oleh para pengrajin di Sentra Gerabah di Banyumulek. Kunjungan persahabatan tersebut menjadi salah satu momen bagi para pengrajin untuk memamerkan hasil karya Gerabah Banyumulek kepada publik dari luar NTB. Walaupun saat ini Sentra Gerabah Banyumulek sedang mengalami penurunan, namun tidak mengurangi aktifitas para pengrajin untuk terus membuat gerabah dengan motif yang indah yang selama ini menjadi ciri khas Gerabah Banyumulek-Lombok Barat.

Dalam perjalanannya, gerabah Banyumulek memang khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Demikian kisah para pengrajin yang lokasi sentra gerabah yang dikunjungi. Dan karena dianggap menarik sebagai hiasan, pengembangan ornamen dan motif kemudian diseriusi untuk memenuhi pemesanan yang semakin banyak baik dari dalam maupun dari luar negeri. Dan sejak saat ini, para pengrajin mulai mengkonsentrasikan diri dalam mengembangkan motif dan ornamen khas Gerabah Banyumulek sampai menjadi ikon di Kabupaten Lombok Barat dan Provinsi NTB umumnya.

Mengembalikan kejayaan Gerabah Banyumulek merupakan tantangan besar. Namun, spirit para pengrajin di Sentra Gerabah Banyumulek tersebut menjadi perhatian utama Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat dalam kunjungan kerja tersebut. Melihat langsung proses pengolahan tanah liat menjadi sebuah ornamen gerabah yang indah adalah sebuah seni kreatif yang luar biasa bagi tim Jawa Barat yang selama ini terkenal sebagai salah satu pusat ekonomi kreatif di Indonesia. Semoga kesan luar biasa tersebut dapat menjadi jembatan bagi kedua Provinsi yang bersahabat ini untuk bersama-sama memberikan efek positif untuk mengembalikan kejayaan Sentra Gerabah Banyumulek – NTB.
Gerabah Banyumulek identik dengan Lombok Barat dan juga NTB. Ikon industri kreatif dari NTB. Di tengah arus industrialisasi berbasis teknologi saat ini, meninggalkan ikon yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Lombok tersebut tentunya bukan pilihan yang tepat. Justru arus industrialisasi NTB dengan konsentrasi pada pendalaman struktur industri berbasis sumberdaya lokal ini merupakan ruang terbaik bagi inovasi untuk pengembangan Gerabah Banyumulek kedepan.
Bersama Gerabah Banyumulek, mari membangun langkah bersama, dalam koridor industrialisasi NTB. Menuju NTB Gemilang.
#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas