22 Mei 2022

“Disperin NTB Kunjungi Sentra IKM Agro KSB”

Dukungan KSB sebagai Kabupaten termuda dalam pengembangan IKM di wilayahnya patut diacungi jempol. Bangunan megah dengan nama Sentra IKM Bahan Pangan Berbasis Agro adalah bukti konkrit keseriusan Pemkab KSB dalam mendorong nilai tamhah potensi agraris di wilayahnya.

Bangunan sentra aktitas IKM KSB yang dibangun melalui DAK KSB tersebut difungsikan untuk melakukan pengolahan frozen food. Hal ini selaras dengan potensi KSB sebagai salah satu sentra ternak di NTB.

Pandemi COVID membuat aktifitas sentra ini terhambat. Hal ini merupakan salah satu hasil kunker yang dilakukan oleh Kepala Bidang Kerjasama Pengawasan Promosi Investasi Disperin NTB, Dra. Hj. Ely Suryani, M.Pd dan Kepala Balai Kemasan Disperin NTB, Aryanti Dwiyani, S.Pd., M.Pd, Selasa, 22 Juni 2021.

Menanggapi hal tersebut, kedua pejabat struktural Disperin NTB tersebut berharap kedepannya agar Sentra IKM KSB tersebut dapat berjalan kembali dengan optimal. Rencana pengembangan olahan daging sapi beku (beef frozen) menjadi salah satu opsi untuk terus menjalankan sentra IKM KSB ini kedepan.

Sentra IKM KSB ini merupakan contoh, bahwa jika dikelola dengan baik, maka industri di sebuah wilayah harus mampu menangkap peluang pengembangan potensi unggulan di wilayah masing-masing dengan optimal. Karena jika potensi unggulannya tumbuh, akan mendorong tumbuhnya new activities of economics di wilayah tersebut. Secara simultan, semua akan tergarap secara komprehensif dan berkelanjutan.

Contoh baik dari Tana Samawa, bahwa IKM NTB pasti bisa. Berkolarasi dengan Pemerintah, swasta dan stakeholders lainnya. Menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas