21 Mei 2022

Kadisperin Dampingi Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat Ke Sentra Industri Gerabah di Banyumulek

Selasa 22 Juni 2021, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME., bersama Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Industri (PSDI) Dinas Perindustrian Provinsi NTB Mendampingi Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat melakukan Kunjungan ke IKM Gerabah di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat Barat pada hari Selasa 22 Juni 2021.

Di Lokasi tersebut Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi dapat melihat langsung pengolahan tanah liat hingga menjadi gerabah berdesain unik dengan warna yang indah. Banyumulek sudah lama menjadi “Sentra Industri Gerabah”, produknya pun menjadi salah satu primadona ekspor non migas NTB. Gerabah Banyumulek mampu menembus pasar internasional, seperti Malaysia, Singapura, Australia, Amerika, dan beberapa negara di Eropa.

Pada awalnya, masyarakat Desa Banyumelek membuat gerabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kendi, gentong, dan peralatan masak merupakan jenis gerabah yang dibuat. Seiring waktu, gerabah yang dibuat semakin beragam. Berbagai ornamen dan penghias ruangan menjadi desain yang lebih diutamakan. Pembuatan gerabah jenis ini memberi dampak positif bagi perekonomian desa. Banyak penginapan di Lombok yang menggunakan gerabah produksi Desa Banyumelek sebagai hiasannya.

Pada kunjungan kali ini Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat menyarankan perlu adanya penambahan bentuk atau model gerabah, agar semakin menarik minat pembeli dan kembali membangkitkan Sentra Industri Gerabah Banyumulek.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas