3 Juli 2022

Kemasan Sebagai Nilai Tambah Produk dan Daya Tarik Konsumen

Kemasan bukan hanya sebagai pelindung atau wadah tetapi harus dapat menjual produk yang dikemasnya. Selain itu Kemasan yang baik menjadi salah satu nilai tambah sebuah produk. Kemasan yang baik juga memberikan kesan pertama. Ibarat riasan, kesan pertama selalu menggoda dengan desain brilian yang tentu menarik konsumen untuk membeli produknya.

Dalam kesempatan menjadi pembicara pada Teknis Pengemasan Hasil Produk UMKM/UPPKA Untuk Menarik Minat Pembeli yang diadakan oleh BKKBN Provinsi NTB, hari Senin 21 Juni 2021. Kasubag TU Balai Kemasan dan Produk Daerah, Firmansyah, ST., menyampaikan bahwa kemasan memiliki banyak fungsi, diantaranya membangun kepercayaan produk, menambah daya tarik, marketing, membuat perbedaan terhadap brand lain, juga meningkatkan masa simpan produk makanan.

Kemasan juga memiliki jenisnya, ada kemasan primer yang langsung mewadahi produk seperti kaleng susu, botol minuman, dan yang lainnya. Kemasan sekunder yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya. Seperti kardus, kotak kayu. Yang terakhir kemasan tersier dan kuarter yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman, atau identifikasi, umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.

Kini terobosan terobosan baru untuk kemasan yang eyecatching semakin bermunculan. Seperti kemasan berbahan tradisional yang terbuat dari bambu, rotan, dan anyaman, dengan metode handmade tentunya bisa mengangkat industri kerajinan setempat.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas