25 Oktober 2021

[Profil IKM]

Hallo sobat Industri, pernah mendengar sorghum? Atau pernah mencicipi hasil olahannya? Hmm buat yang belum tau apa itu sorghum, nih mimin kasih tau apa sih sorghum itu.

Sorghum adalah biji-bijian sereal yang bentuk tanamannya tinggi seperti jagung. Konon sorghum berasal dari Afrika. Sorghum lebih dikenal sebagai bahan sirup, seperti di Amerika Serikat. Namun, sorghum juga bisa dijadikan tepung sebagai pengganti tepung gandum. Selain itu, sorghum juga bisa dimasak begitu saja layaknya beras. Dapat dijadikan nasi goreng sorghum, bubur, maupun sup. Ada juga waffle, kukis, dan roti tawar dari sorghum. Sorghum, dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu karena gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah sehingga turut mendukung tren gerakan konsumen gluten free diet seperti di negara-negara maju.

Nah di NTB sudah ada nih IKM yang mengolah sorghum loh. Bagian sorgum yang diolah adalah biji, batang, dan daun. Olahan tidak hanya berupa kukis (12 jenis kue kering) tapi juga berupa gula sorghum, sorghum water, salad sorghum, dan yang lainnya. Ownernya bernama bu Yanti yang mendirikan CV. Yant Sorghum Indonesia.

CV. Yant Sorghum Indonesia yang memulai usaha membuat kue kering jajanan sejak tahun 2010 dan kini telah memberdayakan petani binaan sebanyak 200 orang. Dalam waktu dekat ini CV. Yant Sorghum Indonesia sedang memenuhi pesanan kue kering dari Benin, Afrika Barat. Sepanjang 2021, perusahaan telah mengirim sampel kukis ke Perancis, Singapura, Australia dan beberapa negara Eropa. Untuk pengiriman sendok edible (terbuat dari sorghum) sebanyak 100pcs dikirim ke Filipina. Wah keren ya sendoknya bisa dimakan hehe.

Untuk sobat Industri yang penasaran terkait hasil olahan sorghum bisa melihat ke Instagramnya di @yantsorghum atau datang ke Yant Sorghum yang berada di Jalan Saleh Sungkar, Ampenan dan NTB Mall yaa.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas