8 Agustus 2022

Pengolahan Sampah Menjadi Bahan Bakar dengan Teknologi MASARO

MASARO merupakan sebuah teknologi pengolahan sampah yang bertujuan untuk mengubah paradigma bahwa hanya sampah yang telah dipilah saja yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan dapat dijadikan aset. Sedangkan sebaliknya, sampah yang tercampur aduk merupakan sebuah “beban” yang tidak bernilai. Karena berbeda dengan metode pengolahan sampah yang disebut dengan Cost Center (kumpul-angkut-buang), teknologi MASARO justru menggunakan pengolahan sampah yang disebut dengan Profit Center (pilah-angkut-proses-jual), di mana Profit Center ini berpegang teguh pada sebuah mindset di mana semua sampah dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomi tinggi dengan cara melakukan reuse-recycle-recovery.

Berkaitan dengan hal tersebut, tim Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengikuti Webinar Pengolahan Sampah menjadi Bahan Bakar pada Kamis, 17 Juni 2021.

Hal terpenting dari Masaro adalah kemampuannya untuk mengolah seluruh sampah dan menjadikannya produk yang memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi, seperti pengolahan sampah plastik kresek dan bungkus makanan menjadi bahan bakar minyak pengganti minyak tanah dan penguat jalan aspal, serta pengolahan 1 kg sampah membusuk menjadi 10L pupuk/pakan organik cair yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk sawah 1 Ha dari awal sampai panen. 

Teknologi ini menarik dan bisa jadi opsi untuk pengembangan industri pengolahan sampah di NTB. Sekaligus untuk mengatasi persoalan sampah menuju NTB mandiri, bersih, dan hijau.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas