8 Agustus 2022

Disperin NTB Gelar Webinar Pengolahan Tanaman Porang

Kamis, 17 Juni 2021, Bidang Pengembangan Sumber Daya Industri (PSDI) Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengadakan Webinar dengan tema Pengolahan Tanaman Porang menghadirkan narasumber Ngakib Al Ghozali (Ketua P3N Pusat), Dr. Sri Rahayoe (Dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM), Prrof. Ir. Suwardji, M. App. Sc, Ph. D. (Guru besar Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNRAM), dan M Riadi, SP, M.Ec, Dev (Kepala Dinas Pertanian & Perkebunan Prov. NTB yang dimoderatori oleh Kepala Bidang PSDI Lalu Luthfi, ST., M.Si

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME. menyampaikan tentang 6 sektor industri prioritas, salah satunya Industri Hulu Agro. Ia juga menambahkan bahwa porang sebagai salah satu bagian dari Industri Hulu Agro yang jika diolah, apalagi dengan bantuan mesin, memiliki nilai yang sangat luar biasa, salah satunya mie shirataki, yang nilai ekonominya sangat tinggi.

Webinar tersebut diikuti oleh 75 orang, baik peserta dari NTB maupun dari luar NTB.

“Hingga kini, glukoman yang dihasilkan oleh Porang Indonesia adalah yang terbaik.” Ungkap salah satu pemateri. Glukoman adalah hasil olahan tepung porang yang bisa dijadikan bahan ingredients untuk produk kecantikan, makanan, farmasi, dan lainnya.

Saat ini, Porang merupakan salah satu komoditi yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Hal ini merupakan upaya pengentasan kemiskinan dan perbaikan kualitas lingkungan di NTB.

NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas