4 Agustus 2021

Disperin NTB Kunjungi IKM Olahan Porang di KLU

Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri Dinas Perindustrian Provinsi NTB Lalu Luthfi, ST., M. Si., bersama Kasi Pembangunan Teknologi Industri, Kreativitas dan inovasi, Yana Mulyana, ST., STIPark Misbah Ali Astanugraha dan Tim serta IoT Makers NTB Idham, ST. Mengunjungi mini pabrik pengolahan porang atau Perkumpulan Petani Penggiat Porang (P3N) pada hari Rabu, 09 Juni 2021.

Porang adalah jenis tanaman yang masuk dalam klasifikasi umbi-umbian dengan nama marga Amorphophallus. Bentuk pohon porang berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm. Porang dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti mie hingga makanan variasi sumber protein.

Dalam kunjungan ke Perkumpulan Petani Penggiat Porang (P3N) yang berlokasi di desa Akar-Akar Kab. Lombok Utara, Puguh Dwi Friawan selaku ketua (P3N) menjelaskan pencucian, pengupasan, dan pengirisan, masih dilakukan dengan mesin manual yang sangat sederhana. Proses pengeringan porang pun masih manual yaitu dengan cara dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering selama kurang lebih 5 hari. Hal ini dilakukan agar porang benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur yang dapat mengurangi kualitas dan harga jual porang.

Puguh berharap Perkumpulan Petani Penggiat Porang (P3N) dapat dibantu terkait oven untuk pengeringan porang, karena pengeringan dengan oven hanya butuh waktu kurang lebih 5 jam. Menanggapi hal tersebut, Tim dari Disperin Prov. NTB melanjutkan koordinasi dengan Koperindag Kabupaten Lombok Utara, terkait pendampingan terhadap Perkumpulan Petani Penggiat Porang (P3N).

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas