20 September 2021

Nuryanti: Bahan Baku adalah Poin Utama Kontinuitas Industrialisasi

Perkembangan industri di Indonesia khususnya di NTB dengan konsep industrialisasinya mendapat perhatian positif dari Pemerintah RI. Hal ini ditunjukkan dengan diadakannya FGD antara Kemenko RI dgn seluruh pihak terkait yang dihadiri oleh Kadisperin NTB, Nuryanti, SE., ME, Jumat, 04 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Nuryanti menjadi salah satu narasumber dan menyampaikan tentang Dampak Pemenuhan Bahan Baku terhadap IKM/UMKM.

Turut hadir Deputi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kemenko Bidang Perekonomian RI; Sekretaris Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI; Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian RI dan pihak terkait lingkup Pemprov NTB.

Pemenuhan bahan baku lokal sebagai bahan baku industri menjadi salah satu poin pembahasan utama. NTB, sebagai provinsi yang kaya akan sumberdaya alam tentunya harus melihat itu sebagai peluang untuk memenuhi bahan baku industri di level nasional.

Kemudahan akses permodalan untuk pembelian bahan baku industri bagi para produsen di tingkat tapak pun menjadi poin penting berikutnya. “Perlu kiranya dijajaki agar perbankan dapat berkoordinasi intensif dengan OPD maupun Kementerian untuk proses pengajuan KUR untuk industri kecil”, demikian papar Nuryanti, selaku Kadisperin NTB.

Setidaknya, pemenuhan kuantitas bahan baku yang optimal tentunya harus didukung dengan usaha untuk terus mendorong penggunaan dan pembelian produk lokal buatan industri sendiri. Hal ini harus dilakukan secara berkesinambungan untuk menjaga rantai pasok produksi dan menjaga agar stock barang di pasar terus dibanjiri oleh produksi dalam negeri dehgan bahan baku lokal.

Secara konsep, ini adalah pekerjaan besar. Butuh komitmen dari seluruh pihak untuk mewujudkannya. Komitmen besar dengan aksi yang nyata adalah kunci sukses pembangunan khususnya di sektor industri di NTB.

Mari bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.

#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia