4 Agustus 2021

Serap Aspirasi untuk Peningkatan Ekspor Produk dan Inovasi Unggulan Daerah

Beberapa komoditas di NTB jelas berpeluang untuk dijual ke luar negeri. Pasar yang terbuka dan keunikan komoditas menjadi keunggulan utama. Olahan porang, sarang burung walet, kelor, vanili, kopi dan berbagai komoditas lainnya adalah contohnya.

Menembus pasar ekspor jelas adalah kebanggaan. Namun, menembusnya tentu butuh proses dan standarisasi kualitas atas produksi dan kualitas. Untuk itu, dilakukan event Serap Aspirasi dari berbagai stakeholders terkait hal tersebut. Disperin NTB diwakili oleh Kepala Balai Kemasan Produk Daerah dan Seksi Pengawasan Dan Pengendalian Disperin NTB menjadi peserta aktif dalam kegiatan tersebut.

Peningkatan mutu kemasan, dan mekanisme olahan dengan standar ekspor adalah point penting yang disampaikan Disperin NTB. Terkait mekanisme olahan dengan standar ekspor tentu erat kaitannya dengan identifikasi dan kebutuhan peralatan dan mesin yang sesuai dengan hasil yang diinginkan. Olahan komoditas akan sangat menentukan kebutuhan mesin yang digunakan. Hal ini lah yang harus menjadi perhatian serius dari seluruh pihak yang terlibat jika ingin mendorong peningkatan ekspor olahan komoditas unggulan dari NTB.

Poin-poin tersebut tentunya mejadi resume yang harus menjadi dasar pengambilan kebijakan bagi stakeholders pengampu. Eksport adalah tujuan, namun rumusan strategi yang tepat tentunya pun harus menjadi isu penting untuk dirancang. Dan tentunya, Disperin NTB harus bekerjasama dengan stakeholders terkait dalam mendorong terwujudnya hal tersebut.

Mimpi besar ini adalah mimpi bersama. Dan syarat mutlak mencapai sebuah mimpi adalah dengan bangun dan bergerak bersama dalam koridornya masing-masing. Menuju NTB Gemilang.

#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas