20 September 2021

Webinar ALI (ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA) AJAK DISKUSI – SUPPLY CHAIN 4.0

Supply Chain adalah rangkaian aktifitas dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan atau dapat juga diartikan sebagai sebuah jaringan yang saling terhubung dan saling bergantung satu sama lain untuk mengendalikan, mengelola, dan memperbaiki aliran bahan dan informasi dari pemasok. Dimana di dalam sebuah jaringan supply chain akan selalu terdiri dari Ultimate Supplier, Supplier, Company, Customer, dan Ultimate Costumer yang bergantung pada Service Provider.

Asosiasi Logistik Indonesia mengadakan Webinar “ALI Ajak Diskusi dengan Tema Supply Chain 4.0” pada hari Sabtu (29/05/2021). Pada webinar Ali Ajak Diskusi ini yang menjadi narasumber adalah Ketua Dewan Pembina Asosiasi Logistik Indonesia, Ananta Dewandhono.

Supply Chain Management yang merupakan rangkaian pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasi pemasok, produsen, gudang, dan tools secara efektif. Selain itu, langkah yang perlu diambil untuk mempersiapkan SDM dalam menghadapi industri 4.0 adalah meningkatkan SDM dalam digital skill. Kemauan untuk learning by doing dengan mencoba dan menerapkan teknologi, menggali kolaborasi baru dalam pendidikan peningkatan digital skill, menyusun kurikulum pendidikan tentang materi humans digital skill, merupakan kunci utama.

Di dalam Supply Chain 4.0 telah diterapkan teknologi supercomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, perkembangan neuroteknologi, dan berbagai teknologi lainnya. Model transformasi dari Supply Chain di industri 4.0 mengalami perubahan dari traditional supply chain model yang berbentuk pipeline menjadi integrated supply chain ecosystem model berbentuk platform. Berikut adalah beberapa manfaat dari transformasi model tersebut : Transparency, Communication, Collaboration, Flexibility, dan Responsiveness.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas