20 September 2021

Webinar Kiat Sukses Membangun Usaha dari Bawah Oleh HIK Institute

HIK Institute mengadakan Webinar Series 3 dengan mengusung Tema “Kiat Sukses Membangun Usaha dari Bawah” Pada hari Sabtu (29/05/2021) dengan Narasumber yakni, Djohari Zein, B.A., (Presiden Komisaris dan Co-Founder dari JNE Express Indonesia), Ir. Heriyakto Setyo Hartomo (Direktur Utama PT Induk HIK dan Komisaris Utama BPRS HIK), dan Dr. Ahmad Akbar Susamto,S.E.,Ph.D. (Dosen FEB Universitas Gajah Mada dan Pegiat MES). Dipandu oleh Moderator Drs. Imam Wahyudi, Akt.,C.A.,M.Com (Hons).,Ph.D (Direktrur HIK Institute dan Dosen Perbanas Institute Jakarta).

Dalam webinar kali ini para narasumber membahas jika mencapai kesuksesan dalam suatu bisnis bukanlah sesuatu yang instan. Sebuah bisnis yang besar dirintis dari bawah, melewati berbagai proses dan kendala, jatuh bangun hingga akhirnya berhasil. Setelah meraih kesuksesan pun, akan banyak tantangan yang dialami, termasuk bagaimana mempertahankan keberlangsungan bisnis tersebut dan mengembangkannya menuju skala yang lebih besar.

Beberapa pemilik usaha besar saat ini pun tentunya memulai usaha dari skala yang lebih kecil, bahkan mungkin dengan modal seadanya. Memang akan selalu ada berbagai risiko yang dihadapi ketika membangun bisnis. Akan tetapi dengan kerja keras, semuanya bisa terbayarkan dengan usaha yang terus berkembang dan keuntungan yang semakin meningkat.

Tidak cukup hanya bermodalkan keinginan atau niat yang kuat, memulai usaha dari bawah membutuhkan berbagai persiapan, baik dari dalam diri sendiri maupun berbagai faktor eksternal lainnya. Selain tekad yang kuat, juga perlu modal yang mencukupi dan rencana bisnis yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk memulai usaha sendiri dari bawah:

1. Tentukan Produk
2. Susun Rencana dan Visi Misi
3. Siapkan Modal
4. Rajin Mencatat
5. Jangan Takut Gagal
6. Fokus pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu
7. Terus Belajar
8. Disiplin Waktu
9. Kelola Keuangan dengan Baik.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia
#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas