26 September 2020

Dinas Perindustrian NTB

Industri Bergerak | Ekonomi Meningkat | Masyarakat Sejahtera

Gelar Rapat Pimpinan, Kepala Disperin NTB Tekankan IKM Harus Bisa Naik Kelas

Menyambut kedatangan para pejabat struktural Eselon III dan IV lingkup Dinas Perindustrian Provinsi NTB yang dilantik pada hari Senin, 6 Mei 2020, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB,  Nuryanti, SE., ME mengadakan Rapat Pimpinan bersama seluruh pejabat lingkup Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Dalam Rapat Pimpinan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB  menegaskan pentingnya kerjasama dan kebersamaan dalam menjalankan tugas antara pejabat lama dan pejabat baru dalam lingkup Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Kerjasama tersebut tentunya dilakukan dalam koridor tugas dan fungsi masing-masing Eselon III dan Eselon IV untuk mendukung pencapaian target-target Dinas Perindustrian Provinsi NTB sebagaimana tertuang dalam RPJMD Pemerintah Provinsi NTB Tahun 2019-2023. Beliau mengharapkan agar seluruh elemen di Dinas Perindustrian Provinsi NTB mendukung pencapaian target-target RPJMD di mana salah satunya adalah adanya IKM NTB yang bisa naik kelas dari kecil me menengah. Untuk itu, sinergi dan peran serta dari seluruh elemen menjadi sangat penting karena tidak mungkin target tersebut bisa dicapai sendirian tanpa adanya kerjasama dari seluruh pihak. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengingatkan pentingnya peran OPD dalam melakukan pendampingan bagi IKM-IKM NTB. Pendampingan dilakukan tidak hanya dalam hal legalitas usaha, namun juga kemampuan manajerial untuk membangun peluang pasar dan meningkatkan daya saing dan nilai tambah IKM dalam persaingan usaha di berbagai level. “Kita harus mau dan mampu merangkul semua IKM, jika ada yang belum berizin, kita bantu urus izinnya, jika ada yang mau packing di Balai Kemasan, harus diterima, apakah dia berizin atau belum, itu urusan lain, itulah gunanya kita damping mereka, agar supaya mereka paham bahwa legalitas IKM itu penting dalam kultur persaingan usaha saat ini yang semakin berkembang”, demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB dalam rapat pimpinan yang berlangsung di aula kantor Dinas Perindustrian Provinsi NTB tersebut.

Dalam kaitannya dengan program JPS Gemilang NTB, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB menyampaikan bahwa secara fungsi, ini adalah tugas Bidang Industri Agro yang melakukan pengawalan secara teknis, namun menjadi kewajiban bagi seluruh stakeholders Dinas Perindustrian untuk secara bersama-sama mengambil peran dan mensukseskan program tersebut. Kesuksesan ini pun harus ditunjang oleh tim media sosial OPD Disperin yang tangguh dan mampu memberitakan berbagai hal-hal positif dan mengcounter berbagai hal-hal negatif yang beredar di dunia maya dalam kaitannya dengan program JPS Gemilang  NTB ini. Untuk itu perlu ada kesepahaman bersama terkait seluruh rencana aksi yang dibangun dalam program ini sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu pemberdayaan IKM lokal dan meningkatkan kelas IKM NTB secara umum.

Menutup sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB menyampaikan selamat dating kepada seluruh pejabat struktural lingkup eselon III dan eselon IV serta pejabat fungsional umum yang telah bergabung di Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Kerjasama yang baik sangat diharapkan bersama dengan pejabat yang lebih dahulu ada di Dinas Perindustrian Provinsi NTB untuk mencapai tugas bersama sebagaimana yang telah ditetapkan. Selamat bekerja dan semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT untuk kita semua. AMIN.