20 September 2021

Industri Pangan Ikhtiar NTB Mandiri Lumbung Pangan

Kepala Seksi Pengolahan data dan Informasi Industri Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Iskandar Sukmana S.Pd., M.Pd. menjadi narasumber mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB dalam acara Kegiatan Pelatihan Penyuluhan dan Pemberdayaan Petani, pada hari Sabtu (29/05/2021) di Balai Diklat Pertanian Narmada Provinsi NTB. Agenda ini dihadiri oleh Penyuluh Kabupaten Bima, kab. Lombok Tengah, Kab Lombok Timur, Kab Bima, Kab Dompu dan Kab. Sumbawa.

Dalam materinya, Iskandar menjelaskan bahwa Industrialisasi merupakan program unggulan Provinsi NTB, Termasuk Industrialisasi dalam sektor pertanian. Pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan provinsi NTB menuju mandiri pangan dan menjadi industri lumbung pangan.

Sehingga semua dinas atau OPD dalam lingkup Provinsi NTB harus saling bersinergi untuk menyukseskan program tersebut. Industri pangan yang merupakan turunan dari komoditas padi ini juga menjadi prioritas dari pemerintah pusat sampai daerah, sehingga diperlukan sentuhan industrialisasi. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti SE., ME. dalam setiap kesempatan, bahwa industrialisasi bisa dimulai dari dapur-dapur rumah di NTB. Contohnya Dodol beras Hitam, Minyak Kelapa, Gula Aren yang semuanya ini dihasilkan oleh IKM lokal.

Dalam kesempatan ini pula Iskandar juga menyampaikan 6 Sektor Industri Prioritas yang termuat dalam RPIP dengan target dari tahun 2020-2040. Adapun 6 sektor prioritas ini mencakup Industri Pangan, Industri Hulu Agro, Industri Permesinan Alat Transportasi dan Terbarukan, Industri Hasil Pertambangan, Industri Kimia Farmasi, Kosmetik dan Alat Kesehatan.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

 #DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas