26 September 2020

Dinas Perindustrian NTB

Industri Bergerak | Ekonomi Meningkat | Masyarakat Sejahtera

Kepala Dinas Perindustrian NTB Tekankan untuk Beli dan Beri Produk Lokal

Rabu, 13 Mei 2020.  Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan rapat koordinasi dengan Dinas/Bidang Industri Kabupaten/Kota. Rapat yang diadakan secara virtual tersebut membahas sinergi antara pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya memberikan stimulus ekonomi di setiap daerah masing-masing melalui program JPS. Dalam paparan awalnya, Kadis Perindustrian NTB menekankan pentingnya menggalakkan program “cintai, beli dan gunakan produk IKM lokal NTB”. “Program JPS kita jadikan sebagai momentum untuk mengenalkan produk asli NTB kepada masyarakat” kata Ibu Nuryanti selaku Kadis Perindustrian NTB.

Program JPS Gemilang yang pada intinya memberikan kepastian pasar kepada IKM melalui pembelian produk mereka diharapkan dapat diduplikasi juga oleh kabupaten/kota. Program JPS Gemilang ke depannya akan menambahkan beberapa produk lokal daerah sebagai upaya untuk melibatkan lebih banyak IKM. Pelibatan IKM yang lebih banyak diharapkan akan memampu memberikan multiplier effect secara signifikan berupa penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, rapat juga membahas serap informasi dan masukan dari Kabupaten dan Kota terkait program JPS Gemilang. Beberapa catatan penting dari kabupaten/kota antara lain pengumpulan barang bisa dilakukan di tingkat kabupaten/kota sehingga menghemat biaya pendistribusian, perlu koordinasi pengadaan di tingkat kabupaten/kota agar memudahkan pembagian tugas dan kewajiban masing-masing OPD, dan beberapa masukan lainnya.

Kadis Perindustrian NTB berharap program JPS Gemilang dapat menggeliatkan ekonomi IKM lokal. Barang-barang yang masuk dalam program JPS Gemilang juga lebih banyak sehingga melibatkan lebih banyak IKM. Ke depannya, metode pendistribusian juga akan diperbaiki dengan tetap berkoordinasi dengan kabupaten/kota.