1 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

JPS Gemilang: Momentum Tumbuh-Kembangnya IKM

Kebijakan membeli produk IKM lokal sbg bantuan JPS Gemilang bukan tanpa alasan.  Berdasarkan data yg terhimpun dari 10 Kab/Kota, permasalahan utama IKM kita adalah tidak adanya kepastian pasar. Sekitar 42% IKM mengalami penurunan permintaan akibat merosotnya daya beli masyarakat. Hal ini mengakibatkan penurunan jumlah penjualan.

Lebih lanjut, imbas dari keadaan tersebut. Lebih dari 1.000 Tenaga Kerja mengalami penurunan pendapatan dan berpotensi untuk dirumahkan. Belum lagi potensi kerugian dari IKM mencapai lebih dari Rp 10 Miliar per bulannya. Melihat dampak negatif yang begitu sistemik, pemerintah mengambil kebijakan memberdayakan IKM melalui pembelian produk mereka. Pembelian produk IKM dalam skala besar tentu akan memberikan kesempatan bagi IKM untuk melakukan perbaikan dalam proses produksi (learning by doing)

Memang harus diakui, kualitas produk IKM kita belum seluruhnya memenuhi standar SNI. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Banyak dari IKM tidak memahami proses standardisasi produk, bahkan mereka tidak memahami bagaimana mengurus legalitas usaha. Belum lagi IKM Lokal NTB memiliki kendala di permodalan serta belum adanya pemanfaatan mesin Teknologi Tepat Guna (TTG) pada proses produksi. Oleh sebab itu, melalui program JPS Gemilang, Pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian NTB, tidak hanya melakukan transaksi Business-to-Business (B2B) dgn IKM. Tetapi melakukan pendampingan dan fasilitasi agar IKM mampu naik kelas.

Dinas Perindustrian NTB terus berupaya untuk mendorong legalitas IKM. Tahapan ini menjadi sangat krusial untuk lanjut ke tahap berikutnya. Melalui kerjasama dgn Dikes dan BPPOM, IKM akan didampingi dan difasilitasi untuk standardisasi produk. Standardisasi produk sangat tidak akan lepas dari penggunaan Mesin Tepat Guna. Maka dari itu, Dinas Perindustrian juga mendorong pemanfaatan mesin dan peralatan buatan IKM lokal sbg alat produksi IKM olahan. Selain itu, upaya stimulus modal usaha terus diupayakan dgn menggandeng mitra perbankan dan perusahaan besar. 

Dalam upaya ikhtiar Menuju NTB Gemilang, Dinas Perindustrian NTB terus fokus untuk menumbuhkan IKM baru dan mengembangkan IKM eksisting. Tentu upaya dan program ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak, terutama Permerintah Kab/Kota. Selain itu, pelru ada dukungan dari perguruan tinggi, swasta serta masyarakat itu sendiri. Mari bergerak bersama untuk NTB Gemilang. (Haq).